Nongkrong di Rumah Makin Asyik

Kehadiran sofa di ruang keluarga bikin aktivitas ngobrol makin asyik - Istimewa/Octaria Kenes
07 Januari 2019 18:45 WIB Arif Fajar Setiadi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO--Ruang keluarga adalah salah satu ruangan di hunian yang selalu ada. Sebagai tempat bersantai anggota keluarga, tentu ruang keluarga membutuhkan elemen pendukung yang menghangatkan dan menggembirakan. Seperti sarana hiburan berupa televisi, atau perangkat media lainnya, dan tempat duduk atau sofa.

“Iya selain sebagai tempat duduk pas lagi menonton televisi, juga buat tempat nongkrong pas keluarga besar lagi pada ngumpul di tempatku, lebih hangat jadinya,” terang Nanda Ike, Pejabat Humas Komunitas Solo Mendekor kepada Solopos.com, Kamis (3/1/2019).

Tidak hanya anggota keluarga yang memanfaatkan sofa merah di ruang keluarganya, menurut Nanda, ketika ada teman yang bertandang ke rumah mereka memilih duduk di sofa ruang keluarga, selain merasa lebih nyaman juga lebih akrab.

“Alasan mereka lebih homey dan kekeluargaannya lebih dapat. Bahkan ada teman akrab yang memilih tiduran di sofa. Jadi fungsi sofa di ruang keluargaku tidak hanya untuk keluarga pas kumpul, bisa juga untuk nonton televisi sambil makan, dan kadang berubah jadi sofa untuk menerima tamu,” ujar Nanda.

Menurut Supervisor Pusat Mebel Margo Murah Baru, Jl. Dr. Mulyadi No. 21 Kota Barat, Solo, Khoirun Marhaeni, kepada Solopos.com, Kamis, keberadaan sofa di ruang keluarga memang bisa beragam kegunaannya, karena itu pemilik rumah harus mempertimbangkan bahan dari sofa tersebut.

“Untuk bahan sofa di ruang keluarga sebenarnya beragam dan pilihannya juga dikembalikan kepada pembeli. Namun karena fungsinya yang beragam itu, saya sarankan sofa berbahan oscar. Kelebihan sofa berbahan oscar adalah mudah dibersihkan ketika ada noda makanan yang menempel, selain itu bahannya juga adem,” kata Marhaeni.

Mengenai modelnya, lanjut dia, sama seperti pemilihan bahan yang tergantung pada selera atau minat pembeli atau pemilik rumah. Bisa menggunakan satu sofa dengan tiga dudukan (seater), satu sofa dua dudukan ditambah satu dudukan terpisah, atau hanya satu sofa dua dudukan.

“Bentuknya ada juga yang letter L, ada juga sofa bed yang multifungsi selain untuk tempat duduk juga bisa untuk tempat tidur. Mengenai ukuran sofa sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruang keluarga,” ujar Marhaeni.

Homedecor Enthusiast, Octaria Kenes, menjelaskan sofa merupakan sarana tempat duduk sehingga penempatannya bisa di ruang tamu dan ruang keluarga. Untuk sofa di ruang keluarga selain sebagai tempat bersantai seluruh anggota keluarga, bisa juga sebagai elemen dekorasi ruangan.

Untuk ukurannya, lanjut dia, sebaiknya menyesuaikan ukuran ruangan. Jangan sampai sofa yang sudah terlanjur dibeli ukurannya besar sedang ruangannya minimalis. Akibatnya ruangan jadi terasa sempit, arus manusia di ruangan tersebut terhambat. “Kalau saya lebih memilih sofa yang bentuknya simpel namun multifungsi. Di rumah sofa, selain untuk tempat mengobrol juga tempat yang nyaman untuk membaca, karena itu saya lengkapi juga dengan lampu baca yang juga berfungsi untuk mempercantik ruangan,” terang Octaria.

Sebagai elemen dekorasi ruangan, tambahnya, sofa yang hendak dibeli sebaiknya disesuaikan dengan tema dekorasi rumah, karena bisa menambah suasana ruang keluarga semakin kece. “Selain itu agar tidak bosan dengan warna sofa, ganti cover sofanya dengan blanket atau kain dengan motif serta warna favorit yang sesuai dengan warna dinding dan elemen pendukung lainnya,” ujar Octaria.