Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

Ilustrasi diet (Fitwirr)
09 Januari 2019 17:19 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO- Kadar kolesterol tinggi tentu membuat waswas. Namun tak perlu menggunakan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Ada cara mudah dan alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Dikutip dari liputan6.com, Selasa (8/1/2019), berikut cara mengobati dengan alami:

Ubah kebiasaan makan

Obat kolesterol alami yang paling ampuh adalah dengan memerhatikan makanan yang dimakan. Hal ini karena kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu mengontrol asupan makanan yang dimakan agar kadar HDL dan LDL tetap terjaga.

Menurunkan berat badan

Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki LDL yang lebih tinggi dibandingkan HDL. Hal ini karena biasanya orang gemuk sering makan berlebihan dan jarang melakukan olahraga. Agar terhindar dari kolesterol tinggi, maka disarankan agar menurunkan berat badan jika mempunyai berat badan berlebih. Ya, menurunkan berat badan merupakan salah satu obat kolesterol alami yang ampuh.

Lakukan olahraga teratur

Agar dapat menurunkan berat badan, kamu harus melakukan olahraga secara teratur. Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Hal inilah yang membuat olahraga bisa jadi obat penurun kolesterol alami. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit per pekan agar manfaat ini bisa dirasakan.

Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan HDL dalam tubuh, sehingga kadar LDL bisa terus meningkat. Selain itu, merokok juga dapat melukai dinding pembuluh darah. Berhenti merokok juga bisa jadi obat kolesterol alami yang dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika ingin terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi.

Hindari stres

Saat stres, ternyata kadar LDL bisa meningkat. Temukan aktivitas yang menyenangkan yang bisa membuat diri tenang, sehingga terhindar dari stres. Selain itu, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan tidur. Kurang tidur bisa membuat tubuh stres.

Minyak ikan

Kadar omega-3 dalam minyak ikan, yaitu EPA dan DHA, terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida hingga 30 persen, meminimalisir pembengkakan dan pembekuan darah, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Inilah yang membuat minyak ikan banyak dijadikan sebagai obat herbal kolesterol.

Psyllium

Psyllium atau yang lebih dikenal dengan nama Plantago ovata merupakan tanaman yang hanya tumbuh di India. Namun, herbal ini telah lama dikonsumsi sebagai suplemen yang berasal dari sumber serat makanan alami. Tanaman ini juga termasuk jenis serat larut air yang bisa melarutkan kolesterol dan menurunkan trigliserida serta kolesterol total, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Obat herbal kolesterol ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk membantu kamu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.