Tips Rumah: Minimalis nan Manis

Mebel yang bisa dipakai untuk menata rumah minimalis - Solopos.com/Arif Fajar Setiadi.
11 Januari 2019 19:30 WIB Arif Fajar Setiadi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO--Rumah minimalis menjadi pilihan sejumlah pasangan muda yang belum memiliki momongan atau keluarga kecil yang tidak membutuhkan ruangan-ruangan terlalu luas. Kendati bisa juga karena keterbatasan lahan sehingga ruangan dalam rumah pun terbatas.

Kendati demikian hal itu tidak menghalangi pemilik rumah untuk menata ruang per ruang yang ada di dalam hunian. Penataan yang maksimal membuat ruang yang tidak terlalu luas bisa tetap tampil manis dan nyaman untuk keluarga.

Menurut Store Manager Informa Hartono Mall, Solo Baru, Sukoharjo, Muh. Zaki Hanung, tentunya dengan tetap memerhatikan sirkulasi cahaya, pencahayaan yang baik, dan arus lalu lintas penghuninya tidak terhambat dengan kehadiran sejumlah benda (mebeler) di ruangan tersebut.

Ada beberapa hal yang menjadi acuan untuk menata ruangan yang tidak terlalu luas. Dimulai dengan pemilihan warna cat, sebaiknya pilihlah warna terang. Karena dengan warna cat yang terang terutama untuk ruang tamu dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

“Perhatikan pula pemilihan kursi sofa dan furnitur pendukung ruangan. Karena ini penting agar ruang tamu tetap terasa luas, jadi ukuran furnitur harus menyesuaikan dengan luas ruangan,” jelas Hanung ketika ditemui Solopos.com, di Informa Hartono Mall, Solo Baru, Sukoharjo, Selasa (23/10/2018).

Di mulai dari ruang tamu, ujar Hanung, untuk rumah minimalis di mana ruang tamu hanya berukuran 2,5 meter x 3 meter, pemilihan furnitur harus tepat. Untuk tempat duduk bisa membuat beberapa kombinasi agar ruangan tidak terasa sempit.

Kombinasi tersebut bisa sofa panjang tiga tempat duduk ditambah satu tempat duduk, bisa juga kombinasi dengan satu sofa berisi tiga tempat duduk digabung dengan satu kursi tanpa sandaran atau stool. Kalau pun menggunakan sofa berbentuk L sebaiknya menyisakan ruang minimal 80 cm untuk arus lalu lintas penghuninya. “Mejanya bisa yang berukuran kecil, kemudian untuk dinding bisa dipasang lukisan dan rak dinding atau shelving,” kata Hanung.

Ruang keluarga ada yang terpisah dengan ruang tamu, namun bergabung dengan ruang makan. Apabila ruang keluarga berdiri sendiri dengan ukuran 3 meter x 3 meter bisa ditempatkan satu sofa berbentuk L, ditambah dengan meja panjang dengan rak kaca untuk menempatkan televisi dan aksesori hiasan. Bisa juga menggunakan LED televisi yang menempel dinding dipadu dengan rak dinding atau shelving, sehingga ruangan tetap terasa luas. “Bisa menambahkan karpet di depan sofa untuk bersantai sambil menonton televisi atau mengobrol lesehan di bawah. Bisa juga ditambah meja kecil namun juga bisa tanpa meja,” terang dia.

Apabila masih ada space atau ruang kosong dekat dengan ruang keluarga bisa dimanfaatkan untuk mini bar. Hanya saja mini bar yang diterapkan, tambah Hanung, berukuran kecil dan itu pun meja menempel ke dinding atau tiang rumah ditambah dengan dua kursi yang bisa disetel ketinggiannya.

“Ruang kosong tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk ruang baca. Cukup menaruh satu kursi ditambah rak buku bersekat-sekat sehingga tidak terlihat kaku,” katanya.

Ruang makan rumah minimalis biasanya hanya berukuran 2,5 meter x 2,5 meter. Untuk itu, lanjutnya, bisa menempatkan meja berukuran lebar 70 cm, panjang 100 cm–120 cm dengan empat kursi. Bisa ditambah dengan rak dinding untuk menyimpan peralatan makan atau bisa menggunakan meja konsol yang mepet ke dinding.

“Bisa juga menambahkan cermin di dinding selain mempercantik ruangan juga bisa mengesankan ruangan lebih luas. Pemasangan wallpaper dengan motif yang sesuai ruangan juga mampu menjadikan ruangan tampak berbeda, tidak terasa sempit, dan indah,” ujar Hanung.