Apakah Jeruk Nipis Campur Kecap Mampu Obati Batuk?

Ramuan jeruk nipis dan kecal (Pictagram)
12 Januari 2019 00:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Musim hujan sangat berpengaruh pada kondisi anak. Anak-anak seringkali terserang penyakit, seperti batuk dan pilek karena daya tahan tubuh yang lemah saat musim hujan. Saat anak sakit, biasanya orang tua bakal panik.

Selama ini, kebanyakan orang tua memberikan ramuan berupa perasan jeruk nipis dan kecap untuk meredakan batuk. Ramuan sederhana ini dianggap sangat manjur mengobati batuk. Namun, sebenarnya apakah ramuan ini benar-benar bisa meredakan batuk?

Dihimpun dari Live Strong, Jumat (11/1/2019), jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan berbagai zat alami yang bisa melemaskan otot saluran pernapasan. Jeruk nipis berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal.

Sebenarnya, jeruk nipis tidak bisa menghilangkan batuk. Jeruk nipis hanya sekadar meredakan serak dan menghilangkan lendir di tenggorokan. Sementara penambahan kecap dimaksudkan untuk mengurangi keasaman.

Jika tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Peneliti dari Mayo Medical School mengatakan, rasa manis pada madu memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan. Namun, perlu diingat ramuan ini hanya mampu meredakan bukan menyembuhkan batuk.