Ayam Kendil Solo Bagi-Bagi 300 Voucher Makan, Mau?

Iga asam manis - Solopos/Bayu Jatmiko Adi
13 Januari 2019 14:50 WIB Bayu Jatmiko Adi Lifestyle Share :

Ingin makan daging ayam tapi dengan cita rasa dan cara masak yang berbeda? Anda bisa mencoba Ayam Kendil. Kedai makan ini sebelumnya berada di Jl. Kebangkitan Nasional, Laweyan, Solo, dan kini bergeser ke Jl. Dr. Rajiman No. 374A, Laweyan, Solo atau di Kompleks Hotel Kusuma. Selama Januari resto ini bagi-bagi voucher Rp25.000. Ada 300 voucher hlo.

Olahan daging ayam di tempat makan ini spesial karena menggunakan kendil. Daging ayam dimasak melaui tiga tahap. Ayam lebih dulu direbus dengan serai, daun jeruk, jahe, dan bumbu lainnya.

Untuk mempertahankan cita rasa daging ayam, proses pengukusan juga dicampur gula dan garam. Selesai dikukus, ayam lalu diungkep di dalam kendil. Proses pengungkepan juga menggunakan bumbu rempah.

Menu ayam dijual dengan harga mulai Rp15.000-Rp22.000/porsi. Untuk ayam utuh dijual mulai Rp75.000-Rp95.000/porsi. Di luar itu ada menu sup dan sayur, nasi goreng dan berbagai pelengkap. Pilihan olahan ayam meliputi ayam negeri reguler, ayam kampung reguler, ayam negeri utuh dan ayam kampung utuh, kini ada beberapa menu lainnya.

Bosan dengan ayam, restoran ini juga menyajikan iga asam manis juga bisa menjadi menu pilihan. Sepotong iga disajikan bersama kentang goreng, sayur rebus yang terdiri dari brokoli, jagung manis, wortel dan kacang panjang, serta kuah yang ditempatkan di tempat berbeda. Daging yang empuk, dengan bumbu asam manis, serta gurihnya kentang goreng dan segarnya sayur memberikan rasa yang istimewa. Menu tersebut bisa dinikmati dengan harga Rp31.500/porsinya.

Ada juga seafood asam manis yang disajikan dalam sebuah wajan tanah liat berukuran kecil di atas tungku tanah liat. Kuliner ini disajikan dengan dicampur bersama kuah. Isinya ada udang dengan ukuran cukup besar yang digoreng tepung dulu, serta cumi-cumi. Menu tersebut bisa dinikmati dengan harga Rp35.000/porsi.

Menurut pemilik Ayam Kendil, Widodo Kainan, kedai baru di Jl. dr. Rajiman dibuka sejak pekan lalu. Selain itu Ayam kendil juga bisa ditemui di wilayah Bekonang, Sukoharjo dan Jogja.

Banyaknya pilihan menu untuk memuaskan konsumen, khususnya yang datang berombongan dengan selera yang berbeda-beda. "Jadi ketika ada pelanggan ingin makan di tempat, mereka memiliki pilihan menu yang lain selain ayam. Di tempat yang baru ini menu memang lebih beragam dan harganya juga terjangkau," kata dia saat ditemui Solopos.com, Kamis (10/1/2019).

Selama Januari ini Ayam kendil menawarkan voucher potongan harga Rp25.000 untuk setiap pembelian Rp150.000. "Kami siapkan 300 voucher selama Januari ini. Tapi ini hanya berlaku untuk makan di tempat dan hanya di Ayam Kendil kedai Solo," kata dia. Selian itu ada promo free ongkos kirim untuk pembelian nasi kotak di area Solo. Sedangkan setiap Jumat, ada free es teh untuk pelanggan yang makan di tempat. Kapan lagi makan kenyang banyak promo…