Ladies, Begini Cara Redakan Nyeri Haid Tanpa Obat

Ilustrasi wanita yang sedang nyeri haid (Youtube)
14 Januari 2019 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Nyeri saat menstruasi di hari pertama merupakan hal yang biasa dialami wanita. Rasa nyeri tersebut muncul karena proses peluruhan dinding rahim. Namun, seringkali rasa nyeri yang muncul membuat seorang wanita tersiksa.

Jika sudah begini, seorang wanita biasanya akan meminum obat pereda nyeri. Obat tersebut memang ampuh meredakan nyeri haid. Namun, sebenarnya rasa nyeri tersebut bakal hilang dengan sendirinya tanpa perlu meminum obat.

Tetapi, jika rasa nyeri itu amat menyiksa, Anda bisa mengatasinya dengan cara alami. Tanpa perlu minum obat, rasa nyeri akibat menstruasi bisa dihilangkan. Mau tahu caranya? Simak ulasan yang dihimpun dari Her, Senin (14/1/2019), berikut:

Minum air hangat

Tubuh mengeluarkan banyak cairan saat sedang haid. Jadi, Anda harus minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Nah, minumlah air putih hangat untuk memberikan rasa nyaman di bagian perut. Hindari konsumsi minuman dingin sementara waktu agar perut tidak kembung.

Kompres air hangat

Jika nyeri yang muncul sangat menyiksa, cobalah mengompres perut dengan air hangat. Caranya, masukkan air hangat ke dalam botol dan tempelkan ke perut. Cara ini akan membuat tubuh terasa lebih nyaman dan rileks.

Hindari soda dan kafein

Hindari minuman bersoda dan kafein saat sedang haid. Minuman bersoda menyebabkan kembung dan resistensi air sehingga memperparah nyeri haid. Sementara minuman berkafein seperti kopi menyebabkan otot tegang. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi minuman jahe atau jeruk hangat untuk mengurangi nyeri dan memberi efek menangkan.

Istirahat

Perbanyak istirahat agar nyeri haid tidak semakin parah. Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang terlalu menguras energi. Manfaatkan waktu luang untuk beristirahat agar nyeri haid cepat sembuh.