Khasiat Teh Jahe Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi teh jahe (mountaintrek)
15 Januari 2019 20:16 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Di musim penghujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh bisa dengan mudah berkurang sehingga pilek atau flu bisa menyerang kapan pun.

Salah satu cara melawan virus flu adalah minum teh jahe hangat. Peneliti dari Isfahan University of Medical Sciences, Nafiseh Shokri Mashhad, menyampaikan teh jahe punya efek sebagai anti peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di Journal International Preventive of Medicine pada 2013.

"Banyak antioksidan yang ditemukan dalam teh jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi, membantu kurangi risiko tertular penyakit menular," tulis Nafiseh dalam jurnal berjudul Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger in Health and Physical Activity: Review of Current Evidence seperti ditulis liputan6.com, Selasa (14/1/2019).

Khasiat lain dari teh jahe di antaranya, membantu tingkatkan kesehatan lambung dengan mengurangi efek gangguan pencernaan. Teh jahe juga membantu mencegah kanker. Jahe terbukti dapat melawan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker pankreas dan kanker usus besar.

Untuk membuat teh jahe, sangat mudah yaitu Anda hanya perlu jahe mentah yang diparut, lalu 1,5 atau 2 gelas air. Kemudian, didihkan air dan masukkan jahe mentah. Diamkan selama 2-3 menit. Saring teh jahe ke dalam cangkir.

Dilansir dari laman Times Now News, Anda bisa tambahkan satu sendok makan lemon (baru diperas) dan satu sendok makan madu. Aduk dan sajikan selagi hangat.