Redakan Demam, Cobalah Ramuan Daun Cincau

Ilustrasi demam (theshillongtimes)
17 Januari 2019 21:35 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Apakah Anda atau buah hati Anda sedang demam? Jika sedang demam, cobalah untuk menurunkan demam dengan bahan alami salah satunya adalah daun cincau. Daun cincau dipercaya sebagai penurun panas badan, obat demam, obat panas dalam, obat sakit perut (mual) dan sebagainya.

Salah seorang praktisi herbal di Kenep, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, Tatik Sumiarsih, mengatakan daun cincau bisa jadi alternatif penurun panas atau demam. Cara membuat racikan itu cukup mudah. Ambil daun cincau yang sudah dicuci bersih dengan air mengalir sebanyak satu genggam. Daun tersebut diremas-remas hingga keluar buihnya.

Setelah itu remasan daun cincau tersebut terus diberi air satu gelas dan disaring. “Air saringan daun cincau tadi dibiarkan beberapa saat hingga mengental seperti jeli,” kata dia, belum lama ini.

Setelah mengental seperti jeli racikan itu bisa dikonsumsi untuk obat demam atau menurunkan panas, obat panas dalam, obat sakit perut atau mual dan sebagainya. Jika ingin diberikan ke anak-anak, bisa ditambahkan sedikit gula.

“Kadang anak-anak tidak mau mengonsumsi racikan yang seperti ini. Karena itu agar anak-anak mau mengonsumsi, bisa diberi sedikit gula sehingga rasanya sedikit manis,” kata dia. Racikan ini bisa diberikan kepada anak dua kali satu hari yaitu pagi dan sore.