Cokelat Ampuh Redakan Batuk?

Ilustrasi cokelat (Pictagram)
18 Januari 2019 04:20 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sirup obat, pil, atau permen pelega tenggorokan biasanya dikonsumsi untuk meredakan batuk. Namun, terkadang obat tersebut kurang ampuh untuk meredakan batuk. Dibanding obat, sebenarnya cokelat lebih bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan meredakan batuk.

Hasil penelitian terbaru mengungkap, cokelat merupakan bahan terbaik untuk meredakan batuk dibandingkan sirup obat. Profesor Alyn Morice dari University of Hull, Inggris, menerangkan, obat yang mengandung kokoa memiliki efek yang lebih baik dibandingkan sirup obat batuk mint.

Hasil penelitian itu dilakukan berdasarkan percobaan yang dilakukan terhadap sekitar 163 orang. Dari penelitian tersebut terungkap jika obat yang mengandung cokelat mampu meredakan batuk dalam dua hari. Efek cokelat yang mampu meredakan batuk sebenarnya telah diplublikasikan lebih dulu oleh peneliti dari Imperial College, London, Inggris.

Peneliti percaya, kokoa memiliki sifat demulsen. Cokelat bertekstur lebih kental dibanding sirup obat batuk biasa. Jadi, cokelat dianggap lebih efektif meredakan batuk. "Efek demulsen ini menjelaskan mengapa madu, cokelat, serta lemon lebih efektif meredakan batuk. Cokelat juga lebih berkhasiat meredakan batuk," kata Alyn Morice seperti dikutip dari Her, Kamis (17/1/2019).

Meski demikian, tidak semua cokelat mampu meredakan batuk. Menurut Alyn Morice, mengisap cokelat batangan lebih efektif melegakan tenggorokan ketimbang minum segelas cokelat panas. Namun, pastikan cokelat tersebut bebas dari kandungan gula yang justru memperparah batuk.