Gula pada Buah Aman Gak Sih untuk Tubuh?

Ilustrasi buah/buahan (Pinterest)
02 Februari 2019 06:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih selama ini diklaim menyebabkan berbagai macam penyakit. Dengan kata lain, jika ingin sehat seseorang harus mengurangi asupan gula dalam bentuk apa pun. Namun, bagaimana dengan gula di dalam buah? Apakah konsumsi buah juga harus dibatasi?

Buah merupakan camilan alternatif yang cocok dikonsumsi pelaku diet. Selain dimakan langsung, buah biasa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus atau smoothie. Nah, minuman inilah yang semestinya dibatasi karena akan membuat bobot tubuh bertambah.

Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Nutrition sebagaimana dikutip dari Runners World, Jumat (1/2/2019), menyebutkan kandungan gula alami di dalam buah yang biasa disebut fruktosa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Sebenarnya ada tiga jenis gula yang terkandung di dalam buah, yakni fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Gula sebenarnya merupakan karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama aktivitas fisik. Namun, terlalu banyak mengonsumsi gula berdampak negatif bagi kesehatan.

Perlu diperhatikan, gula alami yang tidak berbahaya ini terkandung dalam buah alami. Bukan buah kering atau yang dikemas dalam kaleng. Jus buah dan smoothie juga tidak boleh terlalu sering dikonsumsi. Sebab, semua makanan olahan itu diberikan gula tambahan yang berbahaya bagi tubuh.

Jadi, jika ingin sehat sebaiknya konsumsilah buah-buahan alami. Jangan takut mengonsumsi buah, khususnya yang masih segar.

Buah alami mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Tapi jangan pernah menambahkan pemanis apa pun saat mengonsumsi buah alami, baik berupa madu, sirup, atau gula.