Kenapa Wanita Usia 25 Tahun ke Atas Gampang Gemuk?

Ilustrasi makan (Pictagram)
03 Februari 2019 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Metabolisme tubuh manusia cenderung melambat seiring bertambahnya usia. Dengan kata lain, semakin tua maka berat tubuh seseorang lebih mudah bertabah. Bukan sekadar guyonan, hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan tim dari Universitas California (UCLA), Los Angeles, Amerika Serikat.

Mengutip Her, Sabtu (2/2/2019), pakar statistik dari UCLA, Nathan Yau, menyebut pada usia tertentu kebutuhan kalori tubuh berada pada tingkat tertinggi. Namun, setelah batas usia itu lewat, maka kebutuhan tubuh akan kalori cenderung menurun. Hal ini jelas tidak menjadi masalah jika pola makan tidak berubah. Sebab, perubahan pola makan sangat berpengaruh pada bobot tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, semakin tua usia seseorang, maka semakin sedikit pula makanan yang mereka konsumsi. Namun, pada kenyataannya kebanyakan orang, khususnya wanita justru bertambah gemuk seiring bertambahnya usia.

Wanita memasuki usia aktif saat remaja, sebab kebutuhan kalori berada di kisaran 2.400 per hari. Sedangkan wanita yang tidak begitu aktif beraktivitas hanya perlu 2.200 kalori sehari. Sementara pada usia 25 tahun ke atas, kebutuhan kalori wanita menurun.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari kebutuhan kalori harian mereka yang akhirnya membuat berat tubuh bertambah. Kalori bukan hanya diperoleh dari makanan berat. Minuman ringan seperti soda, jus, smoothie, serta camilan juga menyumbang kalori yang cukup besar. Makanan itulah yang menyebabkan berat tubuh meningkat tanpa disadari.

Jika ingin berat tubuh tetap ideal, sebaiknya Anda membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan mengimbanginya dengan olahraga rutin. Menerapkan pola hidup sehat seperti ini sangat membantu menjaga kestabilan berat badan dan memelihara kesehatan.