Tips Rumah: Perabotan di Rumah Ini Bikin Rileks

Sofa recliner membuat rileks penghuni - Istimewa/Shanty
12 Februari 2019 21:35 WIB Arif Fajar Setiadi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO--Ruang keluarga menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul, mengobrol, dan bersantai. Anggota keluarga atau saudara dan teman dekat biasanya memanfaatkan ruangan ini untuk sekadar menonton tayangan televisi, menikmati musik, atau melepas kangen dalam suasana rileks.

Oleh karena itu ruang keluarga biasanya dilengkapi sejumlah fasilitas untuk kegiatan bersantai dan mengobrol. Beberapa pemilik rumah bahkan menyediakan ruang keluarga dengan ukuran atau luas ruangan lebih besar dibandingkan dengan ruang tamu.

Sebagai tempat bertemunya penghuni rumah, saudara atau teman dekat ruangan ini biasanya dilengkapi bufet, pesawat televisi, perangkat audio, sofa, dan meja kecil. Pemilihan sofa untuk ruang keluarga pun beragam, ada yang sofa bed dengan pertimbangan nyaman untuk duduk dan juga berbaring.

Apabila ruang keluarga cukup luas, ada juga yang memilih sofa model L sehingga seluruh keluarga bisa duduk bareng di atas satu sofa, namun ada pula yang memadukan sofa dua seater dengan satu kursi tanpa sandaran atau dengan gelaran karpet.

Selain sofa tersebut ada juga sofa yang multifungsi selain bisa untuk duduk santai, bisa juga untuk berbaring, sofa model ini biasa disebut sofa recliner. Recliner dari kata reclining atau berbaring. “Saya beli sofa recliner untuk bersantai bersama keluarga. Karena itu posisi sofa sengaja saya tempatkan di living room. Ada dua sofa recliner dengan warna yang sama,” ujar Shanty, warga Gedongan, Colomadu, Karanganyar, kepada Solopos.com.

Pembelian dua sofa recliner tersebut, lanjut Shanty, semula dimanfaatkan untuk dia dan suami untuk mengobrol dan bersantai. Sofa diletakkan dengan posisi menghadap ke pesawat televisi dan seperangkat audio. “Sofanya berbahan oscar, empuk dan nyaman sekali, sehingga tidak hanya saya dan suami, anak-anak juga senang duduk di sofa recliner. Bahkan saudara yang kebetulan main di rumah, ikut selonjoran di sofa ini,” kata Shanty.

Sofa recliner dijual di beberapa toko mebel, salah satunya Margo Murah Baru. Menurut Nasional Sales Manager Margo Murah Baru, Andreas Fauzi didampingi Kepala Toko Margo Murah Baru cabang galeri, Kartasura, Sukoharjo, Khoirun Nisa, sofa recliner bisa disetel berbagai model.

“Bisa hanya sandaran kaki yang terletak di bagian depan bawah tempat duduk atau dibarengi dengan sandaran yang disetel hingga posisi yang duduk bisa rebahan,” terang Andreas, kepada Solopos.com di Kartasura.

Kemampuan sofa recliner tersebut karena dukungan rangka dari besi yang dirancang untuk bisa disetel sandaran kaki dan sandaran punggung. Ditambah pegas, jok bagian dalam berisi dakron jadi lebih empuk dan nyaman. “Sofa santai ini berbahan fabric, ada kulit, dan artificial. Tidak panas sehingga tetap nyaman di hunian tanpa pendingin ruangan atau AC,” jelas Andreas.

Sofa recliner memiliki ukuran lebar 100 cm, panjang jika fungsi sandaran di rebahkan, sandaran kaki difungsiskan 165 cm, tinggi sofa 50 cm, dan tinggi dengan sandaran 100 cm, serta mampu menahan beban (orang) hingga 120 kg. Di pasaran tersedia pula sofa recliner selain bisa disetel sandaran punggung dan sandaran kaki, bisa juga goyang-goyang layaknya kursi goyang, dan bisa diputar 360 derajat sehingga bisa menghadap ke mana saja tanpa menggeser sofa. “Namun bisa juga dipindah sesuai kebutuhan, karena sofa ini tidak terlalu berat,” ujarnya.

Untuk perawatan sofa recliner dengan harga mulai Rp4 juta yang tersedia dalam pilihan warna hitam, cokelat tua, dan cokelat muda ini, menurut Andreas, cukup menggunakan kemoceng atau lap kering. “Bisa juga menggunakan cairan khusus untuk pembersih sofa, sebaiknya sepekan sekali saja,” jelasnya.