Suplemen Tak Mampu Cegah Penyakit

Ilustrasi suplemen (Pictagram)
13 Februari 2019 12:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Suplemen selama ini dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Bahkan, ada sejumlah orang yang percaya suplemen mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Namun, hasil penelitian menyebut suplemen tidak membantu menyembuhkan penyakit apapun.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan peringatan kepada beberapa produsen suplemen yang mengklaim dapat menyembuhkan, mencegah, bahkan mengobati penyakit. Suplemen merupakan salah satu ladang bisnis yang menjanjikan di Amerika Serikat.

Mengutip Fortune, Selasa (12/2/2019), mayoritas orang Amerika Serikat mengonsumsi suplemen secara rutin. Suplemen ini dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang terserang penyakit.

"Konsumen percaya minum suplemen merupakan cara efektif menjaga kesehatan. Namun, cara ini sebenarnya sekaligus menjauhkan mereka dari pengobatan yang benar. Efek samping suplemen juga cukup berbahaya. Jadi, semestinya tidak diminum setiap hari," kata Komisaris FDA, Scott Gottlieb.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, suplemen merupakan pil yang mengandung vitamin dan mineral tertentu. Vitamin dan mineral sangat penting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Mineral seperti potasium membantu menstabilkan tekanan darah.

Meski bermanfaat, suplemen sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Vitamin dan mineral sebenarnya bisa diperolah dari makanan bernutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Minum suplemen hanya disarankan saat tubuh kekurangan gizi.