Tahukah Anda, Siapa Penemu Sistem PR?

Ilustrasi anak mengerjakan PR (Pictagram)
16 Februari 2019 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Setiap pelajar tentu pernah mendapatkan pekerjaan rumah (PR) dari guru. Banyaknya PR yang diberikan seringkali membuat siswa malas mengerjakannya. Padahal, PR diberikan dengan harapan siswa mau mengulang kembali pelajaran yang didapat di sekolah.

Berbicara tentang PR, tahukah Anda siapa penemunya? Siapa yang mencetuskan sistem PR yang menjadi momok bagi sejumlah siswa? Mengutip 5homework, Jumat (15/2/2019), sistem PR diyakini dibuat oleh seorang guru di Italia bernama Roberto Nevilis.

Roberto Nevilis memberikan PR kepada muridnya di Venicie, Italia, 1905. Dia membebankan PR kepada siswanya yang dilihat mampu secara ekonomi dan memiliki banyak waktu luang. Selama mengajar, dia melihat banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah karena tidak memiliki tugas apapun. Hal inilah yang membuatnya menemukan ide memberikan pelajaran tambahan sekaligus hukuman bagi siswa.

Saat ada siswa yang melanggar aturan, Robert Nevilis bakal memberikan PR dalam jumlah banyak. Tindakan Roberto Nevilis ini memberikan pengaruh positif. Sebab, siswanya menjadi lebih rajin belajar dan semakin kreatif.

Sayangnya, tidak ada literatur pasti yang membahas tentang sosok Robert Nevilis. Meski demikian, nama Robert Nevilis tetap diyakini sebagai sosok penemu sistem PR yang berkembang sampai sekarang.