Hasil Penelitian: Tidur Sembuhkan Berbagai Penyakit

Ilustrasi tidur nyenyak (Pictagram)
22 Februari 2019 07:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Tidur adalah istirahat paling ampuh menghilangkan lelah dan mengembalikan energi tubuh. Tidur juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Orang yang sedang demam biasanya membutuhkan waktu tidur lebih banyak untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

Hasil penelitian terbaru menyebut tidur mampu mengobati berbagai macam penyakit. Tidur terbukti mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di University of Tbingen, Jerman, sebagaimana dikutip dari The New York Post, Kamis (21/2/2019).

Penelitian dilakukan terhadap 10 orang yang sehat, namun terinfeksi virus cytomegalovirus. Partisipan diminta tidur dalam waktu yang telah ditetapkan, yakni delapan jam dan empat jam. Hasilnya, orang yang waktu tidurnya terpenuhi sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat.

"Hasil penelitian menunjukkan orang yang tidur selama delapan jam memiliki sistem imun yang kuat. Mereka memiliki sel yang mampu melawan serangan bakteri," kata salah seorang peneliti.

Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan waktu tidur. Tidur lebih dari delapan jam sehari tidak baik bagi kesehatan. Hal ini menyebabkan munculnya sejumlah penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Durasi tidur sebaiknya ditambah hanya saat tubuh sedang tidak sehat. Selebihnya, istirahatkan tubuh dengan tidur sekitar delapan jam sehari.