Setop! Ini 3 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah

Ilustrasi tidur dengan rambut basah (Pictagram)
23 Februari 2019 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Mandi dan keramas di malam hari setelah seharian bekerja menjadi salah satu kebiasaan banyak orang. Badan yang lelah dan lengket dipenuhi keringat bakal kembali segar seusasi mandi. Namun, setelah mandi biasanya rasa kantuk bakal menguasai tubuh, sebelum rambut kering.

Akibatnya, kebanyakan orang, khususnya wanita seringkali tidur dengan kondisi rambut masih basah. Meski terkesan biasa saja, kenyataannya tidur dengan rambut basah memicu sejumlah masalah. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldsky, Jumat (22/2/2019), berikut:

Ketombe

Rambut basah yang tidak dikeringkan sempurna rentan ditumbuhi ketombe. Kondisi rambut yang basah dan lembap meningkatkan produksi minyak sehingga memicu munculnya ketombe. Nah, jika tidak ingin hal ini terjadi, usahakan mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur.

Sakit kepala

Tidur dengan rambut basah menyebabkan sakit kepala. Sebab, suhu di kepala yang dingin tidak dapat menyesuaikan suhu tubuh. Kondisi ini bakal semakin parah jika Anda nekat tidur dengan rambut basah yang dibungkus handuk. Hal ini menghambat sirkulasi darah dan memicu timbulnya sakit kepala.

Demam

Tidur dengan rambut basah di ruangan dingin membuat tubuh rentan terkena demam. Pembuluh darah di hidung dan tenggorokan akan menyempit karena hawa dingin. Hal ini memengaruhi kinerja sel darah putih dalam melawan virus. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mudah terserang flu.