Benarkah Makan Seafood Saat Hamil Tingkatkan IQ Bayi?

Ilustrasi ibu hamil (Reuters/Adnan Abidi)
23 Februari 2019 12:10 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA – Sebagian orang percaya mitos yang beredar menyebutkan ibu hamil pantang memakan seafood, padahal mengonsumsi ikan laut dapat mendongkrak IQ bayi yang dilahirkan.

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, mengatakan mengonsumsi ikan atau seafood misalnya udang, baik untuk janin dan mempengaruhi perkembangan mental yang lebih tinggi.

"Anak-anak yang ibunya tidak makan seafood mempunyai skor IQ verbal yang rendah dibandingkan dengan yang ibunya makan seafood. Wanita yang makan seafood saat kehamilan dapat mendongkrak IQ bayi yang dilahirkan," ujar Prof. Achmad dalam diskusi Kekurangan Omega-3 Pengaruhi Intelegensia Anak di Jakarta, Jumat (22/2/2019), sebagaimana dikabarkan Antara.

Ahmad Sulaeman mengungkapkan menurut hasil studi Hibblen, wanita hamil yang makan lebih dari 340 gr ikan atau seafood per pekan mempunyai anak yang lebih cerdas dengan developmental skills yang lebih baik.

Selain itu, hasil penelitian di Inggris menunjukkan meningkatkan konsumsi ikan atau asupan lemak omega 3 selama kehamilan dapat meningkatkan laju pertumbuhan janin.

"Tapi makannya juga tidak boleh sembarangan. Harus tahu asalnya juga, yang penting tidak terkontaminasi. Pilih yang aman-aman saja, seperti tongkol, udang. Kalau kerang hijau memang akan riskan dan kerang hijau itu zinc-nya tinggi," jelas Prof Achmad.

"Memang ada mitosnya ya, selama kehamilan jangan banyak makan ikan. Mungkin ada sebab juga karena saat itu dapat kualitas ikannya yang enggak bagus," lanjutnya.