Ini Kata Yenny Wahid dan Sejumlah Tokoh Tentang Gudeg Adem Ayem Solo

Yenny Wahid - Antara/Hafidz Mubarak
26 Februari 2019 05:40 WIB Farida Trisnaningtyas Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO - Rumah makan khas Solo dengan menu andalan gudeg, Adem Ayem Solo, merayakan ulang tahun ke-50, Minggu (24/2/2019). Sejumlah tokoh punya kesan mendalam terhadap kuliner legendaris Kota Bengawan ini.

Seperti anak kedua Presiden keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid. Yenny datang pada acara perayaan ulang tahun ke-50 Adem Ayem di area car free day (CFD) Solo, Minggu pagi. Yenny mengaku keluarganya merupakan penggemar gudeg Adem Ayem. Setiap kali mendiang sang ayah mampir ke Solo, ia tak lupa menyantap gudeg Adem Ayem.

“Boleh dibilang Adem Ayem ini membawa memori keluarga kami. Ini kuliner kebanggaan Solo, semua patut berbangga,” jelas dia saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara.

Istri Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Elisabeth Endang Prasetyaningsih, yang turut hadir dalam perayaan ulang tahun emas RM Adem Ayem itu pun mengaku memiliki kesan mendalam terhadap gudeg Adem Ayem.  “Sampai 50 tahun itu bukan sebentar, tapi panjang sekali. Apalagi ini merintis dari bawah sampai sekarang awet,” ungkap dia.

Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo, mengatakan Adem Ayem menjadi kebanggaan bagi Kota Solo. Menu yang disajikan selama ini memikat hati para pembelinya dari kalangan masyarakat biasa hingga presiden. "Kota Solo bangga punya kuliner khas dan disukai banyak kalangan. Ini menjadi aset Kota Solo," kata Purnomo dalam sambutannya di acara makan malam dalam rangka ulang tahun ke-50 Adem Ayem di Alila Solo Hotel, Minggu malam.

Purnomo berharap Adem Ayem bisa mempertahankan eksistensinya, apalagi di tengah semakin terbukanya akses menuju Solo. "Keberadaan jalan tol semoga bisa semakin banyak yang datang dan mencicipi menu Adem Ayem," jelas Purnomo.

Puncak perayaan ulang tahun ke-50 RM Adem Ayem dihadiri berbagai kalangan termasuk para pengusaha seperti Danarsih Santoso dan Dewi Montik. Perayaan dimeriahkan penampilan tari Selangit Pesona oleh Adicipta Pundrakarna.

Pemotongan tumpeng dilakukan oleh pemilik RM Adem Ayem, Emmy Lies Rosmijati. Acara ditutup dengan penampilan penyanyi keroncong Endah Laras. Dalam penampilannya, Endah Laras menampilkan lagi spesial berjudul Gudeg Adem Ayem.

Anak bungsu Lies, Jefry Herlambang, merasa bersyukur hingga kini berbagai kalangan masih mendukung eksistensi Adem Ayem. "Ke depan Adem Ayem akan dibawa lebih tinggi. Pada saatnya yang tepat, kami akan membuka cabang," tutur Jefri. Sampai saat ini, meski banyak tawaran, pemilik Adem Ayem mempertahankan restoran satu-satunya di Solo.