Hasil Penelitian: Olahraga Cegah Depresi

Ilustrasi berlari (Pinterest)
27 Februari 2019 12:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Olahraga bukan hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga jiwa. Seperti lari yang ternyata mampu meningkatkan kesehatan mental. Sejumlah hasil penelitian memaparkan olahraga mampu mencegah depresi.

Dikutip dari New York Post, Selasa (26/2/2019), penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Jama Psychology menyebut olahraga selama 15 menit menurunkan risiko depresi. Sejumlah penelitian lain yang dipublikasikan sebelumnya juga memamparkan hal yang sama.

Hasil studi lain yang diterbitkan pada Journal of Psychiatry and Neuroscience menjelaskan olahraga bekerja mirip anti-depresan. Yakni mengurangi depresi dengan meningkatkan pertumbuhan neuron di dalam otak.

Meski olahraga 15 menit mampu menangkal masalah mental, Anda semestinya tidak berpuas diri. Guna mendapatkan hasil maksimal, setidaknya dibutuhkan waktu selama satu jam untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki. Berjalan kaki adalah salah satu olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan. Berjalan santai mampu membakar kalori, menekan nafsu makan, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.