Tips Traveling: Rekomendasi Piknik ke Vietnam

Ha Long Bay, Vietnam. (Reuters)
28 Februari 2019 07:10 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, HANOI - Kurs uang dong Vietnam lebih rendah dibandingkan dengan rupiah. Hal itu yang menjadikan daya tarik lebih negara ini untuk dikunjungi turis Indonesia. Jangan bingung jika ke sana, ini beberapa tempat yang bisa Anda datangi:

Bertatap muka dengan Uncle Ho

Menyebut Vietnam pasti tidak bisa melupakan Ho Chi Minh atau yang akrab dipanggil Uncle Ho oleh masyarakat Vietnam. Perjuangan Ho Chi Minh selama hidupnya teramat membekas di hati rakyatnya. Ia adalah Bapak Kebangsaan bagi warga Vietnam. Maka sejak kematiannya pada 1969, jenazah Ho Chi Minh dimumikan dan disimpan dalam sebuah kotak kaca transparan yang bisa dilihat oleh masyarakat umum di Hanoi Mausoleum.

Menikmati Budaya

Di Vietnam kamu akan dengan mudah merasakan betapa kayanya budaya yang dimiliki negara ini. Tak heran memang karena sejarah negara ini mencatat banyak ragam budaya dan peradapan yang singgah dan memengaruhi kebudayaan negeri ini, di antaranya peradaban Da Viet dengan sentuhan budaya China-nya dan orang-orang Cham yang beragama hindu.

Makan Pho dan Minum Kopi

Tempat terbaik untuk menikmati dua penganan tersebut adalah di negara asalnya. Selain rasanya yang otentik, harganya pun murah. Kamu bisa mendapatkan semangkuk pho hanya seharga 20.000 dong atau sekitar Rp12.000. Sementara untuk kopi susu cukup membayar pada rentang harga 10.000-20.000 dong Vietnam. Jangan sampai ketinggalan mencoba banh mi dan spring roll-nya, ya.

Menyusuri Sungai Mekong

Sungai Mekong membelah sebagian besar dataran Asia Tenggara sebelum berujung ke Laut China Selatan. Delta sungai yang kaya akan biodevisitas tersebut berlokasi tidak jauh dari kota Ho Chi Minh.

Cu Chi Tunnel

Selama Perang Vietnam Cu Chi Tunnel memiliki peranan penting sebagai tempat bersembunyi, menyimpan amunisi perang, bahkan juga dijadikan rumah sakit. Lorong yang terletak di Distrik Cu Chi ini merupakan jaringan lorong bawah tanah yang masa pembuatannya membutuhkan waktu sampai 25 tahun.

Gurun Pasir Munie dan Halong Bay

Jika kamu tertarik dengan sejarah Perang Vietnam selain mengunjungi Cu Chi Tunnels, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang didedikasian untuk perang yang satu ini seperti War Remnants Museum dan Reunification Palace di Kota Ho Chi Minh.

Halong Bay terletak tak jauh dari Kota Hanoi. Di sini kamu bisa menggunakan jasa perahu untuk berkeliling teluk yang dipenuhi bukit-bukit batu kapur. Berada di sini seakan-akan berada pada zaman prehistoris di mana dinosaurus masih hidup. Selain mengitari bagian luar, kamu juga bisa menggunakan perahu berukuran lebih kecil untuk masuk ke dalam gua-gua yang ada di sini. Jika kamu ingin merasakan pengalaman yang berbeda, kamu juga bisa menginap di atas kapal dan bermalam di teluk tersebut.

Vietnam juga merupakan surga bagi kami pecinta tantangan, Puaskan hasrat menguji nyali kamu dengan mengendarai motor buatan Rusia di dataran pasir Mu Nie atau jika ingin lebih menantang kamu bisa memanjat tebing kapur di Halong Bay. Atau sekadar berfoto-foto di Mu Nie pun tak masalah. Bebaslah!

Lembah Sapa

Lembah Sapa merupakan rumah bagi banyak suku asli Vietnam, salah satunya adalah Suku Black Hmong. Lembah yang satu ini diapit oleh Gunung Hoang Lien Son dengan suguhan pemandangan yang menyenangkan mata. Waktu terbaik mengunjungi Sapa adalah ketika padi di sawah mulai menguning yang tentunya akan membuat kamu terkagum-kagum.

Hoi An

Kota tua Hoi An yang terletak di tengah-tengah Vietnam ini cocok sekali jika kamu ingin menghabiskan malam romantis bersama pasangan. Datangilah kota ini saat bulan purnama penuh. Cahaya bulan yang jatuh pada jalan dan bangunan di kota yang pernah menjadi sentra bisnis ini akan memberikan nuansa romantis. Tidak hanya itu, lampion warna-warni yang menyala pada malam hari menambah syahdu kota ini.

Sumber : Okezone