4 Perilaku yang Bikin Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Ilustrasi Diet (Solopos - Whisnupaksa)
03 Maret 2019 07:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menurunkan berat badan bukanlah hal yang gampang. Selain membatasi asupan makanan, pelaku diet juga harus meningkatkan aktivitas fisik untuk mempercepat penurunan berat tubuh. Kesuksesan menurunkan berat badan dalam waktu singkat bisa jadi masalah.

Jika tidak berhati-hati, berat badan bakal kembali naik. Anda tentu tidak mau usaha keras yang dilakukan sia-sia bukan? Sayangnya, kebanyakan orang gagal mempertahankan bobot tubuh yang sudah dianggap ideal setelah diet. Maklum saja, diet tidak mudah dilakukan.

Presiden Obesity Medicine Association, Wendy Scinta, mengatakan, penurunan berat badan dalam waktu singkat memicu kenaikan yang cepat pula. Dengan kata lain, berat badan bisa kembali naik dalam waktu singkat.

Mau tahu apa saja yang menyebabkan berat badan kembali naik setelah diet? Simak ulasan yang dihimpun dari Pop Sugar, Sabtu (2/3/2019) berikut:

Kurang tidur

Waktu tidur berpengaruh besar pada berat badan. Orang yang tidur selama tiga sampai lima jam sehari cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori. Mereka juga cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan menurunkan kadar gula darah dan memperlambat metabolisme. Hal ini juga meningkatkan nafsu makan di siang hari, sehingga seseorang menjadi kalap.

Terlambat makan

Makanan terlal larut juga dapat menaikkan bobot tubuh dalam waktu singkat. Hal ini akan semakin parah jika orang tersebut tidak pernah olahraga.

Pengaruh buruk

Lingkungan sangat berpengaruh pada pola hidup seseorang. Berkumpul dengan orang yang doyan makan berdampak buruk bagi diet. Apalagi jika Anda tidak bisa menahan nafsu makan.