Begini Kabar Terbaru Kosmetik Tertua di Indonesia Viva Cosmetic

Viva Cosmetic - (vivacosmetic.com)
04 Maret 2019 05:40 WIB Kusnul Isti Qomah Lifestyle Share :

Solopos.com, SLEMAN – Siapa tak kenal Viva Cosmetic? Kosmetik ini dulu begitu digandrungi. Tahun ini, Viva berumur 57 tahun. Banyak pencapaian yang mewarnai perjalanan bisnis perusahaan yang berpusat di Surabaya ini, mulai dari keberhasilan ekspor hingga partisipasi di sejumlah fashion show.

Direktur Distribusi Viva Cosmetic, Yusuf Wihanto, mengatakan di usia 57 tahun Viva dituntut tetap mempertahankan mutu dan menyajikan produk yang mengikuti perkembangan kebutuhan konsumen. Hal itulah yang menjadikan Viva tetap bisa mendominasi.

"Kami ada beberapa golongan produk misalnya skin care, dekoratif, dan body care. Untuk skin care, market share kami lebih dari 55% se-Indonesia," ujar dia ketika ditemui di Plaza Ambarrukmo, Sleman, Februari 2019.

Beberapa produk dekoratif Viva juga bisa mendominasi pasar hingga lebih dari 80%, misalnya pensil alis. Dia mengakui dunia kosmetik saat ini sangat kompetitif.

"Kalau kualitas dan mutu kami sampai menurun, otomatis pelanggan akan lari. Tetapi, kalau bisa menjaganya pasti akan setia. Meskipun mereka coba-coba produk lain, tetapi kalau sudah cocok pasti akan kembali ke kami,” ujar dia.

Viva tak hanya merambah pasar domestik, tetapi juga luar negeri. Produk Viva juga diekspor ke beberapa negara Asia seperti Hong Kong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia. Selain itu, Viva tak hanya memanfaatkan jalur komersial untuk mengenalkan produknya. Viva juga mengikuti peragaan busana sebagai pendukung make up para model. "Kami juga pernah terlibat dalam fashion show di Paris," jelas dia.

Viva akan kembali terlibat dalam fashion show yakni dalam Jogja Fashion Festival 2019 di Plaza Ambarrukmo, 8-10 Maret 2019. "Tahun ini kami berusia 57 tahun, kosmetik tertua di Indonesia. Lewat acara ini kami mendukung kegiatan fashion di Tanah Air supaya desainer Indonesia tidak kalah dengan desainer asing," ujar dia.