Tahukah Anda, Kenapa Tak Nafsu Makan Saat Sakit?

Ilustrasi tidak nafsu makan saat sakit (Very Weal Health)
04 Maret 2019 21:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Makan menjadi hal penting yang harus dilakukan saat sakit. Asupan makanan bergizi mempercepat proses penyembuhan. Itulah sebabnya dokter selalu menyarankan obat diminum setelah makan. Namun masalahnya, kebanyakan orang kehilangan nafsu makan saat sedang sakit.

Hilangnya nafsu makan ini biasanya terjadi karena lidah terasa pahit. Padahal, keengganan makan justru membuat tubuh semakin lemah. Lantas, tahukah Anda apa penyebab hilangnya nafsu makan saat sakit?

Dikutip dari Huffington Post, Senin (4/3/2019), saat sakit, ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh. Salah satunya adalah hormon sitokin yang menurunkan nafsu makan. Saat sakit, proses pencernaan melemah karena tubuh butuh energi ekstra.

Sayang, hilangnya nafsu makan otomatis membuat cadangan energi berkurang. Inilah yang membuat tubuh lemah. Jadi apapun alasannya, Anda harus tetap makan meski sedang sakit.

Tidak makan justru memperparah penyakit. Sistem kekebalan tubuh ikut melemah, sehingga tubuh semakin mudah terinfeksi virus. Selain memperhatikan asupan makanan, Anda juga harus memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat.