Ini Tips Bikin Ruangan Kian Ciamik

Pilih tema dan warna yang selaras dengan elemen lain di dalam ruangan - Solopos.com/Arif Fajar S.
05 Maret 2019 23:50 WIB Arif Fajar Setiadi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO--Kegiatan mendekorasi rumah saat ini menjadi kegemaran bagi sejumlah orang agar suasana ruangan tidak membosankan. Sejumlah pemilik rumah tak jarang meminta bantuan tenaga ahli untuk merancang tata letak maupun dekorasi rumah. Kini, tak sedikit yang mampu mengerjakan sendiri karena bantuan informasi dan pengetahuan di dunia maya.

Bertebarannya unggahan soal tata ruang dan dekorasi rumah di Internet menjadi inspirasi para pelaku dekorasi rumah. Para pemula pun tak segan untuk belajar kepada mereka yang lebih dahulu berkecimpung dalam dekorasi rumah.

Salah satu kegiatan mendekorasi rumah adalah menghias atau mempercantik ruangan. Seperti yang dilakukan Enik Wahyuningsih saat mempercantik ruangan rumahnya di Banyuanyar, Banjarsari, Solo, dengan sejumlah hiasan dinding. Di rumahnya yang menghadap ke timur, Enik memasang sejumlah hiasan dinding. Tak hanya menghadirkan suasana berbeda di ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga, hiasan itu juga sarat makna dan pesan-pesan.

“Seperti di ruang keluarga ada tulisan baiti jannati [rumahku syurgaku], di ruang makan ada poster dengan pesan moral. Ada juga poster bertuliskan motivasi,” terang Enik kepada Solopos.com.

Hal senada dilakukan Ines, warga Laweyan, Solo. Ia menghias dinding rumahnya menggunakan poster-poster yang mengandung pesan moral. Tidak hanya itu, di rumahnya juga dipasang bingkai dari kayu dengan gambar Alquran. “Ya selain mempercantik dinding ruang, dengan adanya pesan moral akan menjadi pengingat bagi penghuninya,” ujar Ines.

Menghias dinding (wall decoration) agar sebuah ruangan menjadi cantik, menurut Store Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall Solo, Caroline Engelsz, saat ini memang tidak harus mengandalkan tenaga ahli. Sudah banyak referensi seperti beredar di Internet dan media cetak yang cukup membantu memberi inspirasi dalam mendekorasi rumah.

“Elemen yang bisa dipasang atau dijadikan hiasan dinding pun saat ini beragam. Tidak hanya berupa pigura berisi foto keluarga, namun bisa juga lukisan, poster-poster dengan beragam tulisan yang memiliki makna tersendiri, cermin, art decor dari metal, rak dinding dengan pot kecil, bahkan jam dinding pun saat ini sudah menjadi salah satu elemen hiasan dinding,” jelas Caroline Engelsz ketika ditemui Solopos.com, di Informa Solo, Kamis (28/2).

Semua orang bisa belajar menghias dinding agar ruangan bisa tampil cantik. Tidak hanya di ruang tamu dan ruang keluarga, hiasan dinding juga bisa dipasang di ruang makan maupun kamar tidur. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghias ruang.

Misalnya, sebelum menghias, pemilik rumah harus memilih tema yang pas. Jangan sampai salah pilih tema, karena bisa merusak suasana ruangan. Seperti memasang hiasan dinding buah-buahan atau lukisan berwana ngejreng di kamar tidur. Misalnya di ruang keluarga, temanya bisa religi, frame foto keluarga, dan hiasan lainnya.

Di ruang makan bisa juga ada foto keluarga, lukisan, cermin bahkan jam dinding. Sedangkan di kamar tidur sebaiknya dipasang lukisan, art decor metal yang membawa ketenangan. “Perhatikan juga pemilihan warnanya, jangan sampai semua warna dimasukkan sehingga seperti pelangi. Warna hiasan dinding harus selaras dengan elemen lain di ruangan tersebut sehingga tidak berbenturan,” ujar Caroline.