6 Penyebab Batuk Kering, Jangan Anggap Enteng!

Ilustrasi batuk (Pictagram)
07 Maret 2019 20:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Batuk kering yang tidak mengeluarkan dahak terkadang terasa menyiksa. Berbeda dengan batuh berdahak, batuk kering membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan. Parahnya, batuk kering sering kali menyebabkan penderitanya tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

Meski terkadang dianggap sepele, batuk kering bisa saja merupakan tanda masalah kesehatan yang serius. Lantas, tahukah Anda apa penyebab batuk kering? Simak ulasan yang dihimpun dari Mag for Woman, Kamis (7/3/2019), berikut:

Infeksi saluran pernapasan

Batuk kering bisa jadi merupakan tanda infeksi saluran pernapasan. Orang yang mengalami kondisi ini biasanya merasa sesak napas, sakit dan gatal di bagian tenggorokan, dan terdengar siulan saat mengembuskan napas. Jika kondisi seperti ini terjadi lebih dari dua pekan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Alergi

Batuk kering bisa juga muncul akibat reaksi alergi. Ada beberapa orang yang mendadak batuk saat terkena udara dingin. Biasanya, batuk akan diikuti dengan kondisi tak nyaman lainnya, yakni tenggorokan gatal dan mata memerah.

Stres

Ada juga beberapa orang yang terbatuk-batuk saat tegang. Jika hal ini terjadi, segeralah minum air putih dan tarik napas panjang.

Efek samping obat

Beberapa obat, khususnya penurun tekanan darah, memicu batuk kering. Anda bisa melegakan tenggorokan dengan meminum air putih dalam jumlah yang lebih banyak.

Asam lambung naik

Batuk kering bisa juga muncul setelah mengonsumsi makanan pedas. Batuk itu dipicu kenaikan asam lambung ke tenggorokan.

Penyakit serius

Batuk kering bisa juga menjadi tanda penyakit serius, seperti kanker, radang paru-paru, atau gagal jantung. Penyakit semacam ini diikuti dengan berbagai gejala mulai dari napas pendek, pandangan kabur, tubuh membengkak, dan kondisi mengkhawatirkan lainnya.