Ini Alasan Wanita Doyan Ngemil Saat Haid

Ilustrasi orang yang mengalami gejala PMS (Youtube)
12 Maret 2019 07:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Wanita tentu sudah sangat paham dengan apa yang dimaksud dengan premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini menyebabkan hal tidak biasa terjadi pada wanita, mulai dari emosi tidak stabil hingga nafsu makan meningkat.

Pernah mengalami gejala PMS itu? Tenang, Anda tidak sendirian. Jutaan wanita di luar sana juga mengalami hal serupa. Perubahan nafsu makan menjelang menstruasi adalah hal yang normal. Namun, meredakannya tidak semudah yang dibayangkan. Lantas, apa penyebab nafsu makan meningkat menjelang haid?

Sejumlah ahli mengatakan wanita umumnya makan 500 kalori lebih banyak menjelang menstruasi. Hal ini menyebabkan kenaikan berat badan hingga 0,2 kilogram.

“Seringkali ada dorongan untuk makan selama periode menstruasi. Khususnya menyantap cokelat dan berbagai makanan manis lainnya,” demikian hasil penelitian yang tertulis di jurnal Annals of Endocrinology seperti dikutip Daily Mail, Senin (11/3/2019).

Peneliti menerangkan peningkatan nafsu makan disebabkan naik-turunnya hormon serotonin. Hormon ini juga menjadi biang keladi tidak stabilnya emosi wanita saat menstruasi. Biasanya, seorang wanita akan melampiaskan emosi dengan makan.

Makanan tinggi karbohidrat dan gula sangat memikat bagi wanita saat menstruasi. Akibatnya, wanita jadi sering mengemil saat sedang haid. Bertambahnya nafsu makan saat haid memang sulit dihindari. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan memilih camilan diet yang sehat.

Konsumsilah makanan berkarbohidrat kompleks yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, nafsu makan bakal lebih terkontrol. Oatmeal, nasi merah, buah, roti gandum, yoghurt, kacang-kacangan, serta ubi merupakan contoh karbohidrat sehat yang layak dikonsumsi.