Tip Travelling ke Luar Negeri bagi Pemula

Ilustrasi - Somnomed
12 Maret 2019 18:10 WIB Rayful Mudassir Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA – Bepergian ke luar negeri tentu membutuhkan persiapan lebih rumit ketimbang perjalanan domestik. Terlebih bagi Anda yang baru kali pertama berencana ke luar negeri.

Travelling ke luar negeri memang diimpikan setiap orang. Bagi kalangan yang terbiasa berlibur ke luar negeri, setiap persiapan sudah disesuaikan sesuai kebutuhan.

Bagi Anda yang belum pernah ke luar negeri namun berencana pergi dalam waktu dekat, pastikan beberapa hal telah disiapkan demi kelancaran perjalanan.

1. Paspor dan Visa

Paspor memang menjadi identitas Anda saat bepergian ke luar negeri. Bila belum memilikinya, segeralah membuat paspor. Jika masa berlaku kartu identitas itu tinggal 6 bulan, sebaiknya perpanjang terlebih dulu sebelum memutuskan melancong.

Saat paspor telah selesai atau ada, pastikan pula bagaimana pemberlakuan visa di negara tujuan Anda. Beberapa negara seperti Eropa memberlakukan visa baik untuk perjalanan bisnis maupun wisata. Kendati demikian ada pula negara yang membebaskan visa selama beberapa waktu seperti di Asia Tenggara.

2. Tentukan Destinasi

Perjalanan ke luar negeri harus dipersiapkan terlebih dulu termasuk destinasi yang dituju. Dengan menentukan lokasi yang akan dikunjungi membuat perjalanan lebih terencana.

Lakukan riset untuk mendapatkan referensi lokasi menarik yang perlu Anda kunjungi, bagaimana menuju ke lokasi, dan berapa lama waktu tempuh yang diperlukan.

Tanyakan pula beberapa rekomendasi kepada kerabat Anda yang pernah ke negara tersebut, berikut transportasi yang dapat digunakan selama di sana.

Selain itu, biasanya di setiap bandara internasional selalu menyediakan brosur destinasi di negara itu. Jika tidak menemukannya, tanyakan langsung perihal peta destinasi itu ke pusat informasi bandara.

3. Persiapkan Mata Uang Asing

Mata uang asing sebaiknya telah dipersiapkan sejak sebelum hari keberangkatan. Anda dapat menukarkan uang rupiah atau mata uang lain sesuai dengan mata uang negara tujuan.

Sering kali pelancong menukarkan uang mereka di bandara tujuan. Dari pengalaman Bisnis, jumlah yang Anda terima lebih sedikit jika menukarkan uang di money changer bandara dibandingkan dengan saat menukarkan ketika masih di Indonesia atau negara asal.

Cara lain adalah menarik uang sesuai mata uang setempat dengan ATM di negara tujuan yang terhubung dengan kartu debit atau kredit Anda. Bagi pengguna kartu kredit, sebaiknya dapat memastikan terlebih dulu kartu kredit tersebut dapat digunakan pada ATM bank tertentu melalui costumer service kartu kredit.

4. Ketahui Musim Negara Tujuan

Nah, poin ini harus Anda perhatikan betul. Sebelum memutuskan pergi, sebaiknya Anda telah mengetahui musim apa yang sedang terjadi di negara tujuan.

Hal ini akan memudahkan pelancong untuk menentukan jenis pakaian apa yang harus di bawa. Kesalahan membawa pakaian akan membuat perjalanan Anda terganggu.

5. Mengerti Bahasa Lokal

Mengerti bahasa lokal di negara tujuan memudahkan perjalanan Anda. Namun jika kesulitan memahami bahasa mereka, usahakan untuk sedikit banyak mengerti bahasa internasional seperti Inggris atau mandarin.

Jikapun Anda tidak menguasai bahasa tersebut, gunakan bantuan gawai untuk menerjemahkan berbagai bahasa baik melalui ketikan ataupun percakapan. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan seperti Google Translate.

Pun demikian, biasanya negara dengan kunjungan wisata tinggi lebih banyak mengerti maksud dari pelancong meskipun Anda berbicara bahasa asing secara terbata-bata.

Setidaknya beberapa hal di atas perlu menjadi perhatian Anda sebelum melakukan perjalanan jauh termasuk ke luar negeri. Namun, dari seluruh poin di atas, faktor keselamatan tetap harus menjadi perhatian utama.

Sumber : Bisnis.com