3 Deodoran Alami Ampuh Usir Bau Ketiak

Ilustrasi bau badan (Men's Health)
14 Maret 2019 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Bau tak sedap pada ketiak merupakan masalah umum yang dialami banyak orang. Meski sudah memakai deodoran, kenyataannya seringkali bau ketiak tak mau pergi. Bukan hanya membuat orang lain terganggu, keringat yang berbau di sekitar ketiak memicu iritasi dan menimbulkan noda gelap.

Bau ketiak disebabkan berbagai faktor, mulai dari bakteri, pakaian yang tidak meresap keringat, salah pola diet, pubertas, hingga sejumlah gangguan kesehatan lainnya. Salah satu cara mengatasi bau tak sedap pada ketiak adalah mengenakan deodoran.

Namun, seringkali deodoran kurang ampuh mengusir bau ketiak. Terkadang, bahan kimia pada deodoran justru membuat area ketiak menghitam. Masalah bau ketiak sebenarnya bisa diatasi dengan bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang ampuh mengusir bau ketiak tak sedap seperti dihimpun dari Boldsky, Rabu (13/3/2019):

Gel lidah buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan yang berfungsi melawan perkembangbiakan bakteri. Cukup campurkan dua sendok makan gel lidah buaya dengan satu sendok makan madu. Oleskan ramuan itu selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal tiga kali dalam sepekan.

Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan anti-bakteri yang ampuh mengatasi bau badan. Campurkan dua sendok makan cuka apel dan air. Oleskan bahan ini ke ketiak dan biarkan mengering. Ramuan ini bisa menjadi deodoran alami.

Jus lemon

Jus lemon juga bisa dipakai mengusir bau ketiak. Oleskan sari buah lemon ke ketiak dan biarkan sampai kering. Anda bisa memakainya sebagai deodoran alami yang menghasilkan aroma segar pada ketiak.