Ingin Suasana Baru di Rumah, Coba Pakai Kertas Ini

Hadirkan suasana baru di ruangan dengan wallpaper - Istimewa/Ana Arfiani Hidayah
18 Maret 2019 23:55 WIB Arif Fajar Setiadi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO--Bosan dengan suasana bagian dalam rumah? Anda bisa mengubahnya dengan melakukan beragam cara. Seperti mengganti cat dinding, memasang sejumlah hiasan dinding seperti pigura foto, lukisan, atau poster. Anda bisa juga memasang wallpaper untuk menghadirkan suasana baru pada sebuah ruangan.

Wallpaper atau kertas dinding adalah hiasan dinding berupa gulungan kertas yang mempunyai berbagai macam motif dan warna. Berbeda dengan cat dinding yang biasanya hanya memiliki satu warna dan pengaplikasiannya bisa dengan kuas, roll, atau spray. Wallpaper cukup ditempel di dinding menggunakan lem khusus.

Kemudahan pemasangan dan keberagaman motif wallpaper menjadi pilihan Nisya, warga Wonorejo, Karanganyar dalam mendekorasi ruang tamu dan ruang keluarganya. Bagi Nisya, wallpaper juga menjadikan dinding tidak terlihat monoton dengan satu warna cat. “Memberikan suasana baru pada ruangan, selain itu biar kekinian juga dalam dekorasi ruangan,” ujar Nisya kepada Solopos.com. 

Karena sebagai pengisi agar dinding ruangan tidak polosan, Nisya memasang wallpaper hanya pada sisi tertentu di dinding ruang tamu dan ruang keluarganya. Pilihannya pada wallpaper dengan motif minimalis dan klasik berwarna kalem.

“Kalau motifnya terlalu ramai dengan beragam warna, ketika ingin mengubah suasana ruangan akan sulit menyesuaikan dengan elemen yang ada,” jelas Nisya.

Keinginan memberikan kesan elegan pada ruangan di rumahnya dengan memanfaatkan wallpaper juga dilakukan Ana Arfiani Hidayah. Anggota komunitas Solo Mendekor yang bertempat tinggal di Perum Taman Griya Baturan, Colomadu, Karanganyar, memanfaatkan wallpaper untuk dinding ruang tamu dan ruang menonton televisi.

“Jadi ruang tamu yang nyambung dengan ruang televisi itu sengaja saya pasangi wallpaper. Hanya, agar tidak terlalu gelap, saya padupadankan dengan sejumlah hiasan dengan warna cerah,” ujar Ana kepada Solopos.com.

Pemilihan motif dan warna wallpaper, tambah Ana, sengaja disesuaikan dengan elemen yang sudah ada di ruangan tersebut. Tujuannya agar mebeler, hiasan dinding, dan elemen lainnya tidak perlu diganti ketika wallpaper sudah menempel di dinding. “Menyesuaikan saja dengan elemen yang sudah ada, biar tidak boros kalau mengubah semuanya,” jelas Ana.

Wallpaper memang bukan barang yang sulit didapatkan. Di Solo ada beberapa toko yang menjual wallpaper dengan beragam motif dan warna. Salah satunya di Onna CV Motifa Karya Mandiri, di Jl. Yosodipura No. 86 Solo. “Ada beragam motif, seperti motif klasik, minimalis, 3D, bunga, motif soft untuk anak-anak, dan karakter seperti tokoh superhero, Superman, Spiderman, dan bisa juga custom menyesuaikan permintaan,” kata customer service Onna CV Motifa Karya Mandiri, Avitriani dan Tita Nuria, kepada Solopos.com, Rabu.

Biayanya pun tidak tergolong terjangkau. Menurut Tita Nuria, untuk pemaangan wallpaper berukuran panjang 10 meter dan lebar 50 cm ditawarkan mulai Rp190.000, sudah termasuk ongkos pemasangan. Sedangkan untuk wallpaper ukuran panjang 15 meter, lebar 1 meter, ditawarkan mulai Rp700.000, termasuk ongkos pasang.