Tips Memilih Brush Kosmetik Bagi Pemula

Ilustrasi kuas make up (Groupon)
25 Maret 2019 13:00 WIB Asteria Desi Kartika Sari Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA-- Tren kecantikan khususnya untuk para wanita terus berkembang. Lini kosmetik pun bermunculan. Bicara kosmetik tentu tidak bisa dilepaskan dari alat aplikator make up, salah satunya adalah brush alias kuas make up.

Ragam kuas make up sekilas tampak sama. Apalagi bagi para pemula, yang tidak bisa membedakan fungsi masing-masing memilih kuas yang tepat.

Untuk itu, Co-founder Aeris Beaute Teresa Tanubrata memberi sejumlah tips yang Anda lakukan jika bingung dalam memilih kuas make up. Dia mengatakan setiap orang memiliki kebutuhan berbeda.

Dia memberi contoh selalu membutuhkan powder brush karena menggunakan bedak tabur. Sementara, untuk blush dan contour dia memilih menggunakan satu kuas saja agar lebih praktis.

Bagi pemula, lanjutnya, Teresa menyarankan untuk memilih kuas yang multifungsi. Dia mencontohkan salah satu produk Aeris, Rattan Brush.

"Kuas tersebut sengaja dibuat oleh Aeris sebagai kuas multifungsi yang bisa digunakan misalnya untuk setting powder, blush, dan contour," katanya.

Dia mengatakan kusas multifungsi akan cenderung mempermudah para pemula, karena tidak perlu membeli kuas berbeda untuk masing-masing kosmetik.

Langkah kedua yang harus diperhatikan saat memilih kuas adalah tekstur. Menurutnya, yang harus dipahami terlebih dahulu bahwa ada kuas yang menggunakan bulu sintetik dan bulu alami.

Secara bentuk, kata Teresa, bulu alami memang mengangkat produk lebih banyak dari bulu sintetik. Namun, saat ini sudah mulai banyak bulu sintetik dengan kualitas yang tak kalah bagus dibandingkan bulu alami.

Salah satu tanda bahwa bulu sintetik yang digunakan kurang baik adalah bulu tersebut mampu mengangkat banyak produk, namun akan rontok banyak ketika disapukan ke kulit

"Untuk tahu kemampuan angkat pigmen-nya, kalian harus coba sendiri. Itu lebih susah untuk dilihat," kata dia.

Selain itu, lanjutnya, bentuk kuas yang terlalu bulat, terlalu tinggi, dan terlalu ramping akan menyulitkan proses meratakan make up. Pegangan kuas juga harus enak digenggam, agar tak menyulitkan ketika pengaplikasian.