4 Cara Sederhana Obati Cantengan

Ilustrasi perawatan kuku (Pictagram)
26 Maret 2019 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Pernah mengalami cantengan? Itu hlo, bengkak di jari kaki yang terasa sakit dan menyiksa? Ya, cantengan merupakan salah satu penyakit yang dialami banyak orang di Indonesia. Infeksi kuku ini disebabkan berbagai hal, mulai dari kuku tumbuh menembus kulit atau kotor. Akibatnya, jari kaki membengkak dan mengeluarkan nanah.

Cantengan biasanya terjadi akibat kebiasaan menggigit kuku, memotong kuku terlalu dalam, atau masalah kuku lainnya. Dalam kondisi terburuk, selain membengkak, biasanya jari kaki akan bernanah. Lalu, bagaiamana jika hal tersebut terlanjur terjadi?

Tenang saja, ada beberapa hal ini bisa dilakukan untuk merawat kaki yang sedang cantengan. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun dari Health Me Up, Senin (25/3/2019), berikut:

Rendam kaki

Merendam kaki dengan air hangat dicampur garam selama 20 menit membantu melembutkan daerah yang terkena cantengan. Jika perlu, Anda bisa merendam kaki dengan cairan hidrogen peroksida guna mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan infeksi.

Oleskan balsem

Formula balsem yang terasa dingin di kulit mampu mempercepat penyembuhan infeksi dan mengurangi nyeri. Jadi, rajinlah mengoleskan balsem pada jari yang terkena cantengan.

Pakai salep antibakteri

Merendam kaki dengan larutan air sabun antibakteri ampuh mengurangi rasa nyeri. Peradangan akibat infeksi di kaki juga segera hilang dengan formula sabun antibakteri itu.

Ikat jari kaki dengan lemon

Lemon ternyata mampu menyembuhkan cantengan. Caranya, iris tipis lemon dan tempelkan di bagian jari yang cantengan dengan perban. Biarkan semalaman, dan ganti keesokan harinya setelah selesai mandi. Kandungan asam pada lemon membantu menyembuhkan infeksi dan mengusir bakteri yang memicu pembengkakan.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengobati cantengan. Pastikan Anda merawat kuku dengan baik agar terhindar dari risiko cantengan. Namun, jika hal itu telanjur terjadi, segera lakukan perawatan sederhana tersebut.