Pengin Traveling Anti-bokek? Ini Tipnya...

Ilustrasi - Womanbizlife
03 April 2019 13:30 WIB Syaiful Millah Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA – Traveling menjadi aktivitas bagi banyak orang dari berbagai kalangan, khususnya bagi generasi muda atau milenial.

Mereka melakukan kegiatan traveling dengan berbagai alasan mulai dari melepas penat rutinitas sehari-hari, untuk mengisi konten media sosial, dan tujuan-tujuan lain yang tentu berbeda antara satu orang dan yang lainnya.

Adapun, tentu saja traveling akan menghabiskan biaya tertentu yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu, penting kiranya agar sebelum melakukan traveling kita memperhatikan beberapa hal agar perjalanan yang dilakukan menghasilkan pengalaman yang menyenangkan.

Berikut ini adalah rangkuman beberapa tips dari para travel bloggers yang tergabung dalam JavaMifi Buddy untuk perjalanan yang tidak menyebabkan kebocoran kantong.

1. Jangan malas menyusun perencanaan

Travel blogger Yudha Ashari atau @catatanbackpacker menyebut bahwa kita perlu membuat itinerary atau rencana perjalanan sebelum keberangkatan dan kita harus mengikuti jadwal perjalanan yang telah dibuat itu. Improvisasi tentu saja boleh tetapi harus tetap pada jalur utama yang telah disusun, jangan terlalu menyimpang jauh.

Hal ini juga termasuk perhitungan bujet. Penting untuk mengetahui harga tiket transportasi dan tempat wisaya yang ingin dikunjungi agar tidak melebihi bujet yang dimiliki. Satu poin penting lainnya adalah mengontrol keuangan untuk belanja barang-barang tertentu. Jangan beli kalau dirasa kurang penting.

2. Cari tahu dan datang ke tempat wisata gratis

Cia Wardhana, travel blogger lainnya menyarankan untuk datang ke tempat-tempat gratis yang bahkan bukan tempat wisata. Misalnya ruang publik seperti taman atau jalan-jalan yang ikonik di suatu daerah. Menurutnya, tempat gratis itu tidak selalu garing atau justru lebih menarik untuk dikunjungi.

Oleh sebab itu, pastikan cari tahu tempat-tempat tersebut dan masukkan ke dalam list tempat yang perlu dikunjungi untuk juga menghemat anggaran.

3. Gunakan transportasi umum

Travel blogger Mohamad Putra Setia mengimbau bagi para pelancong yang melakukan traveller menggunakan transportasi umum seperti bus, LRT, maupun MRT. Hal ini dinilainya jauh lebih irit dibandingkan dengan naik taksi.

Akan tetapi, untuk beberapa kasus pertimbangkan juga untuk menyewa kendaraan apabila tempat yang ingin dikunjungi sulit dijangkau oleh transportasi umum. Tipnya, carilah kawan untuk diajak sehingga bisa melakukan sharing biaya dan lebih hemat.

4. Cermat memilih hotel

Berusahalah sedikit lebih keras untuk dapat menemukan penginapan yang paling ideal di tempat yang akan dikunjungi. Putra berpendapat saat ini para traveller cenderung lebih mudah mendapatkan informasi karena telah banyak tersedia aplikasi atau situs web agregator untuk pencarian hotel.

Pertimbangkan juga pilihan hostel untuk menekan anggaran, tetapi jangan mengabaikan masalah kenyamanan. Carilah hostel yang banyak direkomendasikan oleh para pelanggan, baca lebih banyak untuk perjalanan yang lebih menyenangkan. 

Sumber : Bisnis.com