Awas! Pola Makan Tak Sehat Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar Dunia

Gula - ilustrasi
04 April 2019 17:10 WIB Denis Riantiza Meilanova Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA - Studi global menemukan 11 juta kematian di dunia pada 2017 terkait dengan tingginya konsumsi gula, garam dan daging olahan yang kemudian berkontribusi terhadap penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Lancet tersebut menyebutkan makan makanan sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, susu rata-rata terlalu rendah. Orang-orang mengonsumsi terlalu banyak minuman manis dan terlalu banyak daging olahan dan garam. Ini menyebabkan satu dari lima kematian pada 2017 dikaitkan dengan pola makan buruk.

Studi Global Burden of Disease melacak tren dari tahun 1990 hingga 2017 tentang konsumsi 15 faktor makanan.

"Pola makan yang buruk bertanggung jawab atas lebih banyak kematian daripada faktor risiko lain di dunia," ujar Chris Murray, Direktur Institute for Health Metrics and Evaluation di University of Washington yang memimpin riset tersebut, dikutip dari Reuters, Kamis (4/4/2019).

"Asesmen kami menunjukkan bahwa faktor-faktor risiko utama pola makan adalah asupan natrium yang tinggi atau asupan makanan sehat yang rendah, seperti biji-bijian, buah, kacang-kacangan, dan sayuran."

Studi ini menemukan orang hanya makan 12 persen dari jumlah kacang dan biji yang direkomendasikan, asupan rata-rata 3 gram sehari, sementara yang direkomendasikan sebanyak 21 gr sehari, dan minum minuman bergula 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan. Konsumsi tinggi gula, garam, dan lemak jahat diketahui sebagai faktor risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan banyak jenis kanker lainnya.

Selain itu, juga menemukan kurang konsumsi biji-bijian kurang dari seperempat yang direkomendasikan atau hanya 29 gr rata-rata per hari dari 125 gr yang direkomendasikan. Sedangkan konsumsi daging olahan dua kali lipat lebih banyak dari jumlah yang direkomendasikan, sekitar 4 gr asupan rata-rata per hari dari 2 gr yang direkomendasikan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari lalu menyarankan pola makan ideak untuk kesehatan manusia, yakni mencakup dua kali lipat konsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, dan setengah dari asupan daging dan gula.

Dalam perincian kematian terkait pola makan, penelitian ini menemukan 11 juta kematian pada 2017, hampir 10 juta disebabkan dari penyakit kardiovaskular, sekitar 913.000 karena kanker, dan hampir 339.000 karena diabetes tipe 2.

Sumber : Bisnis.com