Sering Sit-Up Malah Bikin Perutmu Makin Buncit, Kok Bisa?

Ilustrasi situp (Pictagram)
07 April 2019 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sit-up merupakan salah satu latihan yang ampuh membentuk otot perut. Namun, jika dilakukan terus menerus tanpa latihan lainnya, sit-up justru membuat perut semakin membuncit. Mengapa demikian?

Sit-up rupanya bukanlah olahraga yang efektif mengecilkan perut buncit. Gerakan sit-up hanya efektif membentuk otot perut, bukan membakar lemak. Jadi, jangan bermimpi memiliki perut rata jika hanya melakukan sit-up.

Dikutip dari The Independent, Jumat (5/4/2019), lemak sebenarnya berada di dalam lapisan tersembunyi di perut. Lemak biasanya menyelimuti organ dalam, seperti hati dan usus yang disebut dengan nama lemak visceral. Sementara bagi yang ingin membakar lemak semestinya melakukan latihan ekstra, bukan hanya sit-up.

Jadi, anggapan sit-up sebagai latihan efektif membakar lemak perut hanyalah mitos. Olahraga terbaik untuk membakar lemak adalah angkat beban. Semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar.

Sejumlah hasil penelitian menyebut latihan angkat beban secara rutin meningkatkan metabolisme tubuh hingga 15 persen. Selain itu, Anda bisa melakukan plank untuk membentuk otot dan memperkuat sendi.

Yang tak kalah penting adalah menjaga pola makan. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak, serta garam tinggi. Perbanyaklah konsumsi protein untuk mempercepat pembentukan otot.