4 Makanan Sehat Pengusir Panas Dalam

Ilustrasi sakit tenggorokan (Pictagram)
12 April 2019 07:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sakit di tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah merupakan gejala yang dikenal dengan istilah panas dalam. Masalah ini biasanya muncul setelah makan gorengan atau melakukan aktivitas fisik berlebihan. Panas dalam sebenarnya menjadi pertanda suatu gangguan kesehatan, seperti kelelahan, gangguan pencernaan, hingga gangguan hormon.

Panas dalam seringkali terjadi karena tubuh kurang mampu beradaptasi dengan cuaca ekstrem seperti di musim panas atau pancaroba. Cara terbaik mengobati panas dalam adalah menemukan penyakit yang menjadi akar masalah. Cara mengetahuinya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

Selain periksa ke dokter, Anda bisa mengatasi keluhan panas dalam dengan mengonsumsi makanan sehat. Mau tahu, apa saja makanan sehat yang mampu meredakan panas dalam? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldky, Kamis (11/4/2019) di bawah ini:

Susu dan yoghurt

Susu mampu menetralisir kandungan asam di dalam tubuh. Sementara yoghurt yang merupakan minuman susu fermentasi kaya akan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi panas dalam.

Jahe

Minum wedang jahe bisa menjadi pilihan saat menderita panas dalam. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang menurunkan kandungan asam penyebab panas dalam.

Jeruk

Jeruk kaya vitamin C yang juga menetralisir asam lambung. Buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, saat merasa tidak enak badan, segeralah konsumsi buah jeruk agar kembali fit.

Air putih

Gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa terjadi akibat dehidrasi. Jadi, pastikan kebutuhan air putih tercukupi. Minumlah 8-10 gelas air putih setiap hari untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.