Gunakan Peranti Lantai, Hunian Kian Homey

Pemasangan sejumlah peranti lantai seperti karpet, beanbag membuat hunian kian homey - Solopos.com/Arif Fajar S.
15 April 2019 23:55 WIB Arif Fajar Setiadi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO--Lantai adalah bagian yang tak boleh diabaikan dari sebuah rumah (bangunan). Setiap hari penghuni rumah akan melewati dan memijakkan kaki di atasnya. Kendati demikian, beberapa orang hanya memfungsikan lantai sebagai bagian rumah untuk dilewati .

Padahal, lantai juga bisa dipercantik dengan menempatkan sejumlah elemen dekorasi. “Pada umumnya, elemen yang biasa ditempatkan di atas lantai adalah karpet. Padahal ada elemen lain yang bisa digunakan untuk mempercantik lantai sesuai peruntukannya,” kata Store Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall Solo, Caroline Engelsz kepada Solopos.com.

Elemen tersebut, lanjut dia, bisa dimulai dari karpet, floor mat atau biasa disebut keset, beanbag, dan bantal untuk lantai. Elemen itu juga beragam modelnya, sehingga selain digunakan sesuai fungsinya, keberadaannya bisa mempercantik lantai di suatu ruangan.

Karpet sebagai elemen yang biasa digunakan di atas lantai, menurut Cahyono Adi, karyawan Toko Alishba Karpet, Jl. Gajah Mada No. 34, Solo, bisa digunakan di ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Ukuran karpet ruang tamu sebaiknya tidak terlalu lebar dan tidak terlalu tebal. Sebaiknya lebar karpet tak melebihi lebar sofa agar tuangan tidak tampak sempit.

Karpet untuk ruang keluarga biasanya ditempatkan di depan televisi. Pemilik rumah bisa menggunakan karpet yang lumayan tebal untuk memberikan kenyamanan. “Sesuaikan juga motifnya dengan desain rumah. Untuk pilihannya beragam, harganya mulai Rp850.000,” jelasnya..

Selain menyesuaikan desain rumah, menurut Caroline Engelsz, pemilihan karpet untuk sebuah ruangan terutama ruang tamu, sebaiknya memperhatikan elemen lain yang ada di ruang tamu. Misalnya, sofa di ruang tamu berwarna hijau, pilihlah karpet yang ada unsur warna hijaunya.

Perhatikan juga kaki sofa, jangan pilih sofa yang sewarna dengan warna kaki sofa karena akan membuat sofa tenggelam. Perhatikan pula motif sarung bantal yang ada di atas sofa, atau hiasan dinding di ruang tamu tersebut,” ujarnya.

Karpet bisa juga menjadi penghias lantai di ruang keluarga. Ragamnya pun ada yang mudah digulung dan dilipat berbahan lembut (harga Rp399.000-Rp999.000). Ada juga karpet sekaligus beanbag untuk anak (harga Rp2,5 juta). “Beanbag juga bisa digunakan sebagai pemanis lantai. Ada beragam ukuran, mode, dan beragam warna. Ada yang kaku seperti kursi bundar tanpa sandaran, tetapi ada juga yang bisa menyesuaikan bentuk tubuh orang yang ada di atasnya [harganya Rp399.000-Rp2 juta].”

Selain beanbag, ada juga bantal untuk digunakan di lantai. Biasanya bantal ini, kata Caroline, berfungsi untuk alas duduk saat mengerjakan tugas atau belajar di lantai. Bahannya biasanya dari dakron karena lebih empuk. Namun ada juga berbahan busa tebal (harga Rp250.000-Rp500.000)

Selain karpet, sambung Caroline, ada elemen lain yakni floor mat atau keset. Ragamnya banyak sesuai dengan penempatannya. Jika ditempatkan di bagian luar bisa menggunakan keset dengan bahan serabut kelapa dan karet dengan motif yang bisa menyerap debu. Keset model ini harganya Rp144.000.

Untuk kamar tidur, seandainya tidak ingin menggunakan karpet berukuan besar, keset dengan bahan flanel dan memory foam, lanjut dia, bisa jadi pilihan. Motif bling-bling bisa menjadi pilihan, sedangkan untuk harga di kisaran Rp179.000-Rp359.000. “Bahkan beberapa orang menggunakannya untuk alas sajadah saat beribadah, karena menyerap air,” ujarnya.

Keset depan pintu kamar mandi juga banyak pilihannya, namun menurut Caroline, sebaiknya pilih yang daya serapnya tinggi. Soal harga,keset jenis ini dibanderol Rp160.000-Rp190.000. Tidak hanya itu, dapur yang selama ini hanya menjadi aktifitas memasak, lantainya juga bisa dipermanis dengan keset anti air dengan beragam motif.

Karena letaknya di lantai, sebaiknya elemen pemanis tersebut rutin dibersihkan. Jika tidak ada kejadian ekstrem, seperti kena tumpahan air teh, kopi, noda lainnya, bisa dibersihkan dua pekan sekali. Untuk karpet bisa menggunakan sikat lembut, tebahan dari ikatan lidi. Untuk sarung bantal bisa dicuci,” jelas Caroline.