Weekend Jangan Mager, Ini 5 Pekerjaan Rumah Efektif Bakar Kalori

Ilustrasi menyapu lantai (Pictagram)
21 April 2019 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kebanyakan orang memanfaatkan waktu di akhir pekan untuk bersantai dan beristirahat dari berbagai kegiatan. Mereka cenderung lebih senang menonton film favorit atau sekadar tidur untuk menghabiskan waktu.

Tapi, bermalas-malasan di akhir pekan bukanlah hal yang baik. Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan sederhana untuk membersihkan rumah. Jangan salah, ada berbagai pekerjaan rumah yang bermanfaat membakar lemak untuk mengisi waktu akhir pekan. Mau tahu apa saja kegiatan tersebut? Simak tips kesehatan yang dihimpun dari informasi resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, Sabtu (20/4/2019) berikut:

Menyapu

Gerakan menyapu lantai rumah selama semenit mampu membakar 3,90 kalori. Jika dilakukan dalam waktu 30 menit, maka akan setara dengan pembakaran 117 kalori.

Menyetrika

Banyak orang beranggapan menyerika pakaian sangatlah membosankan dan melalahkan. Tapi, siapa sangka pekerjaan ini justru membakar cukup banyak kalori. Menyetrika pakaian selama 30 menit mampu membakar 126 kalori.

Mencuci

Mencuci baju dengan tangan jelas memberikan kesempatan membakar lemak tubuh. Mengucek, membilas, memeras, dan menjemur baju jelas membutuhkan banyak tenaga. Tak ayal, mencuci baju selama satu jam membakar sekitar 125 kalori.

Mengepel

Mengepel lantai juga mengharuskan tubuh aktif bergerak. Apalagi jika mengepel dilakukan dengan cara merangkak. Nah, mengepel lantai ini cukup ampuh menurunkan berat badan karena membakar sekitar 157 kalori setiap 30 menit.

Menguras kamar mandi

Jangan biarkan dinding dan lantai kamar mandi berkerak. Bersihkan kamar mandi secara rutin setiap pekan. Pekerjaan ini mampu membakar 180 kalori dalam 30 menit.

Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan rumah yang efektif membakar kalori. Mulai sekarang, jangan mager (malas gerak) di saat weekend. Banyak kalori yang bisa dikeluarkan jika melakukan aktivitas fisik tersebut.