Tahukah Anda Kapan Waktu Terbaik Olahraga Saat Puasa?

Ilustrasi berolahraga (Pictagram)
12 Mei 2019 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Puasa Ramadan memang mengubah aktivitas harian. Meski demikian, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan seharian. Orang yang berpuasa tetap harus melakukan aktivitas dengan energik.

Ketika berpuasa, badan akan terasa lemas sehingga seseorang memilih membatasi aktivitas, khususnya olahraga. Bahkan, mungkin saja dia sama sekali tidak berolahraga karena takut kehabisan energi. Padahal, kenyataannya anggapan tersebut salah kaprah.

Anda tetap bisa berolahraga meski sedang berpuasa. Hal itu sesuai dengan berbagai hasil penelitian di bidang kesehatan yang sehat tetap bisa berolahraga berat selama 72 jam berpuasa. Bahkan, olahraga level sedang dapat dilakukan lebih lama.

Meski demikian, olahraga saat berpuasa sebaiknya dibatasi untuk menghindari dehidrasi. Lalu, kapan waktu paling tepat untuk berolahraga saat menjalankan puasa? Dihimpun dari Life Strong, Sabtu (11/5/2019), salah satu waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa adalah setelah sahur atau salat subuh.

Pada waktu itu, tubuh masih dalam keadaan bugar dan bisa melakukan berbagai jenis kegiatan. Tidak perlu terlalu berat, Anda cukup melakukan peregangan dengan joging atau sekadar sit up dan push up selama 15 menit. Udara di pagi hari yang masih segar sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika di pagi hari masih mengantuk, Anda bisa melakukan olahraga satu jam sebelum berbuka puasa. Cukup lakukan yoga atau joging dalam waktu 15 menit. Jangan terlalu memaksakan diri karena saat itu kadar gula dalam darah sudah menurun drastis. Pastikan kondisi tubuh fit agar tidak timbul masalah lain.

Setelah berolahrga, segera gantikan gula yang hilang saat berbuka puasa. Selain minum air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula dan serat alami. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak terlalu berat, sehingga tubuh bebas dari dehidrasi.