5 Manfaat Santan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi santan. (Liputan6.com)
08 Juni 2019 22:30 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Santan menjadi salah satu bahan dasar yang digunakan di banyak makanan khas Indonesia. Sebut saja rendang, opor, dan berbagai kue dan minuman tradisional.

Santan yang berasal dari kelapa ini kerap kali dianggap berbahaya dan bisa memicu berbagai penyakit serius, mulai dari peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung.

Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Diberitakan liputan6.com, santan justru memberikan manfaat bagi kesehatan, apa saja?

1. Menurunkan Kolesterol

Santan murni yang belum tercampur dengan bahan lain tidak mengandung kolesterol yang tinggi. Risiko kolesterol akan tinggi apabila santan dicampur bahan lain seperti daging, telur, atau jerohan. Santan murni sebenarnya menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Baik untuk Kulit

Terdapat kandungan nutrisi pada santan seperti vitamin C, E, B6, dan zat besi yang baik untuk kesehatan kulit. Khasiat santan untuk kulit mulai sebagai pelembap alami, mencegah timbulnya jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Selain dikonsumsi, santan juga dapat menjadi bahan untuk masker wajah.

3. Meningkatkan Imun (Daya Tahan Tubuh)

Manfaat lain santan yang jarang diketahui bagi kesehatan ialah dapat membantu menjaga kekebalan atau imunitas tubuh dari penyakit. Hal ini lantaran santan memiliki kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, kandungan lain dalam santan murni yakni asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba yang berfungsi sebagai penangkal bakteri dan virus yang dapat masuk ke tubuh, seperti influenza.

4. Penting untuk Tulang

Tak hanya susu, sejumlah kalsium dan fosfor yang terkandung dalam santan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Meminum santan murni dapat menurunkan risiko patah tulang, osteoporosis, hingga rematik.

5. Menurunkan Berat Badan

Selama ini mungkin banyak yang mengatakan santan bisa menyebabkan kegemukan. Hal itu benar apabila santan dikonsumsi dengan campuran makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun berbeda dengan santan murni yang justru mampu menekan rasa lapar dan mencegah keinginan untuk memakan makanan yang mengandung lemak.


Sumber : Liputan6.com