Agar Bayi Tak Menangis Saat Naik Pesawat, Ini 5 Cara yang Harus Dilakukan

Bayi menangis di dalam pesawat - Istimewa
11 Juni 2019 11:40 WIB Ria Theresia Situmorang Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA - Angela Gilsha menjadi perbincangan karena mengkritik orang tua yang membiarkan anaknya menangis di pesawat. Ia mencurahkan kekesalannya di Insta Story-nya.

Bahkan, dia menyebut lebih baik hewan peliharaan diajak ke atas pesawat dibandingkan anak bayi. 

Sebagai orang tua yang memiliki anak batita, komika Babe Cabita dan aktor Ringgo Agus Rahman memberi komentar atas pernyataan mantan kekasih Giorgino Abraham tersebut.

Keduanya juga memohon pengertian dari orang yang belum pernah menjadi orang tua untuk memaklumi kejadian yang berakhir dengan permintaan maaf dari Angela.

Di samping kejadian tak mengenakkan tersebut, ada berbagai cara untuk menenangkan bayi yang rewel di atas pesawat. Dilansir dari conde nast traveler, berikut tipsnya:

1. Beri ASI saat terbang dan mendarat                                                              

Dokter anak Claire McCarthy dari University of Boston menyebutkan kalau menyusui anak saat terbang dan mendarat dapat menenangkan anak saat telinganya berdengung di waktu krusial tersebut. Gerakan anak saat menyusui dapat mengurangi rasa sakit yang bayi rasakan.

2. Berikan mainan

Bayi pada umumnya bisa tenang dengan gerakan. Cobalah berikan bayi Anda mainan dan bantu dia menggerakannya untuk mengurangi tantrumnya. Semakin banyak anak Anda melihat pada mainannya, maka ia akan tidak akan terfokus pada perjalanan yang berpotensi membuat ia menangis.

3. Rencanakan waktu tidur

Jika dimungkinkan cobalah untuk mengatur ulang jadwal tidur anak. Jika anak terbiasa tidur sesaat, ubahlah waktu tidur anak dengan memberikannya ASI dan musik yang lembut melalui telinganya agar ia bisa tidur saat Anda memasuki pesawat.

4. Ketahui obat apa yang harus dikonsumsi

Jika bayi Anda terganggu karena rasa sakit di telinganya saat naik pesawat, pertimbangkan lah anak Anda untuk mengonsumsi Tylenol yang dapat dimakan untuk anak di segala umur, sebelum pesawat Anda terbang. Tapi, jika Anda ingin anak Anda mengonsumsi obat-obatan, jangan lupa diskusikan dulu dengan dokter anak. 

5. Biarkan menangis

Terkadang pepatah "jika tidak ada yang bisa dilakukan maka biarkan lah", adalah istilah yang tepat untuk kondisi ini. Bisa saja anak menangis karena merasa sangat kelelahan atau terlalu terstimulasi dengan lingkungan sekitarnya. Itulah mengapa kita juga harus menghargai orang tua yang membawa anaknya ke pesawat.

 

Sumber : Bisnis.com