Bahaya Glioblastoma atau Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules

Agung Hercules (kiri). (Instagram/mir4r4h4yu)
17 Juni 2019 09:00 WIB Ginanjar Saputra Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLOAgung Hercules yang sudah cukup lama tak muncul di layar televisi tiba-tiba datang dengan kabar mengejutkan. Pria 51 tahun tersebut kini diketahui mengidap glioblastoma atau kanker otak stadium IV.

Dikutip dari Detik Health, Minggu (16/6/2019), glioblastoma memang lebih banyak menyerang dibanding wanita. Pria lebih berisiko terkena glioblastoma seiring bertambahnya usia.

Tumor ganas itu biasanya tumbuh di salah satu sisi otak dan bisa menyebar melalui corpus callosum atau serat saraf penyambung ke sisi otak lainnya. Penyakit yang diderita Agung Hercules tersebut sangat jarang menyebar di luar otak.

Karena yang diserang adalah otak, penderita glioblastoma biasanya mengalami sakit kepala yang konstan, kejang, muntah, hingga mengalami masalah dalam berpikir. Selain itu, penderita glioblastoma biasanya mengalami perubahan suasana hati atau kepribadian, pandangan menjadi kabur atau ganda, serta kesulitan berbicara.

American Brain Tumor Association (ABTA) atau Asosiasi Tumor Otak Amerika Serikat, melalui laman resminya, menyatakan glioblastoma bisa sangat sulit ditangani karena beberapa sel dapat merespon baik pada terapi-terapi tertentu, namun beberapa bisa tak berpengaruh sama sekali. Karena itu, perencanaan pengobatan glioblastoma mungkin akan mengombinasikan beberap pendekatan.

Glioblastoma juga pernah diderita politikus senior Amerika Serikat (AS) John McCain. John diketahui meninggal dunia di usia 81 tahun karena glioblastoma.