Benarkah Tapak Dara Mampu Obati Kanker?

Tapak dara (greeners.co)
06 Juli 2019 04:00 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Tapak dara, tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman berbunga ini biasanya tumbuh di halaman rumah warga maupun semak-semak.

Baru-baru ini tanaman tapak dara cukup ramai diperbincangkan di Facebook. Banyak orang mempercayai tanaman tapak dara ini dapat menyembuhkan penyakit kanker.

Salah satunya Nieng Mutiara Nasa yang mengunggah air rebusan tapak dara beserta tanamannya. Ia berusaha meyakinkan bahwa minum air rebusan tapak dara sudah terbukti ampuh mengobati kanker.

"Siapa yg punya tanaman bunga ini. Ini diambil daunnya direbus bisa dan manjur sekali untuk pengobatan sakit kanker, sudah ada bukti saudara teman aku asal negara Filipina bisa sembuh total," tulis Nieng di Facebook sebagaimana dikutip Suara.com, Jumat (5/7/2019).

Bahkan ia juga meyakinkan bahwa air rebusan daun tapak dara juga sangat bagus untuk pasien kanker leukemia jenis apapun. meskipun minum air ini terasa sangat pahit.

"Ada tambahan info ternyata bunga ini untuk semua jenis kanker ganas leukemia jangan ragu untuk meminumnya tapi rasanya pait banget seperti paitnya empedu," tambahnya.

Melansir dari Royal Botanic Garden, tanaman tapak dara ini juga dikenal sebagai periwinkle Madagaskar atau Vinca Rosea.

Tanaman ini telah digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok sejak lama guna mengobati berbagai macam penyakit, seperti diabetes hingga depresi.

Temuan terbaru, tanaman ini juga mengandung senyawa khusus yang memiliki sifat melawan kanker. Bahkan tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati limfoma dan leukemia hodgkin.

Para ilmuwan menemukan senyawa yang bersifat anti-kanker ini di biosintesis oleh alkaloid tanaman tapan dara. Alkaloid adalah senyawa kaya nitrogen yang diproduksi oleh tanaman.

Di Afrika, rebusan daun tanaman tapak dara ini juga digunakan dalam pengobatan tradisional mengatasi diabetes dan malaria.

Mereka menggunakan serbuk daunnya untuk mengobati radang dan nyeri sendi. Infus daunnya digunakan untuk mengendalikan pendarahan hebat saat menstruasi dan kram perut.

Ekstrak rebusan daunnya juga bermanfaat melindungi kulit dari sengatan serangga, seperti lebah. Lalu rebusan daunnya juga ampuh mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

Selain daunnya, Anda juga bisa menggunakan akar tanamannya dengan cara direbus sebagai obat pencahar dan mengatasi sakit gigi.

Air rebusan akar tanaman tapak dara juga berguna untuk mengobati parasit usus dan disentri.

Sumber : Suara.com