Orang Kaya Lakukan 10 Hal Ini Agar Kekayaannya Terus Bertambah

Ilustrasi - Livescience
06 Juli 2019 13:30 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Kerja keras, disiplin, komitmen tinggi hingga berdedikasi pada pekerjaan atau usaha yang dilakukan menjadi kunci sukses mengumpulkan kekayaan. Namun yang lebih sulit adalah mempertahankan kesuksesan itu atak terlebih lagi meningkatkan kekayaan.

Bagaimana sebenarnya orang sukses dan kaya itu mempertahankan kesuksesannya atau bahkan meningkatkan kekayaannya itu?

Berikut tips mempertahankan dan meningkatkan kekayaan seperti dikutip dari Enterpreneur.com:

1. Memiliki pola pikir pertumbuhan finansial

Orang kaya sangat kreatif ketika berpikir tentang bisnis dan menemukan berbagai cara menghasilkan uang. Orang-orang besar yang sukses mengubah cara memandang uang dan membantu fokus dalam melihat peluang yang menguntungkan.

Pola pikir ini membantu orang-orang sukses dan kaya percaya selalu ada proyek yang lebih besar dan lebih baik untuk dikerjakan dan selalu ada lebih banyak uang yang bisa dihasilkan. Mereka terbuka untuk mengeksplorasi ide-ide baru. Mereka percaya bahwa mereka selalu mampu melakukan perubahan dan menciptakan hasil yang positif.

2. Membangun jaringan dengan orang-orang sukses lainnya

Orang-orang kaya memahami pentingnya mengelilingi diri mereka dengan orang-orang sukses lainnya. Orang kaya menghabiskan waktu berjejaring dengan orang lain yang kaya tetapi juga memiliki dorongan, bakat, dan, yang paling penting, potensi untuk menjadi sangat sukses. Orang kaya menghabiskan waktu setiap bulan untuk mengenal orang-orang yang berpikiran sama di konferensi, acara dan pertemuan, atau hanya minum kopi atau minum dengan seseorang yang menarik.

Ini adalah waktu yang diinvestasikan dengan bijak, karena membuat pikiran mereka fokus pada kesuksesan dan membantu mereka bertemu orang-orang baru yang memiliki ide-ide segar dan menggugah pikiran. Melakukan hal ini juga membantu orang kaya mengisi daftar kontak mereka dengan orang-orang yang relevan dan berpengaruh yang berpotensi dapat membantu mereka (dan sebaliknya).

3. Keluar dari zona nyaman

Orang kaya sukses karena mereka telah belajar bahwa kesuksesan datang kepada mereka merasakan sedikit ketidaknyamanan. Mereka mengerti satu-satunya cara untuk benar-benar meningkat adalah mendorong diri Anda melampaui batas Anda. Jika Anda ingin menjadi kaya, Anda harus memicu semangat kreatif Anda, menghasilkan ide-ide bisnis yang unik dan kemudian mengambil risiko.

Kekayaan dan kesuksesan tidak muncul dari pekerjaan yang hanya bekerja dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Semua pemimpin bisnis yang sukses, visioner dan pengubah permainan telah melampaui zona nyaman mereka untuk mencapai kesuksesan tertinggi. Orang-orang yang akan cemerlang dalam sejarah memiliki keberanian untuk menghadapi ketakutan mereka dan mengambil langkah pertama ke hal yang tidak diketahui.

4. Buat beberapa aliran pendapatan

Semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin mudah untuk menghasilkan lebih banyak uang. Dan cara termudah dan tercepat untuk menghasilkan lebih banyak uang adalah memiliki banyak aliran pendapatan. Dengan begitu Anda selalu memiliki uang masuk dan dapat menggunakan kelebihan pendapatan untuk berinvestasi dalam aliran pendapatan baru. Singkatnya, ini adalah cara utama orang kaya tetap kaya.

Ada dua bentuk penghasilan dasar: pendapatan aktif, di mana Anda bekerja untuk uang yang Anda hasilkan, dan pendapatan pasif, di mana pembayaran tidak secara langsung terkait dengan jumlah jam Anda bekerja. Penghasilan pasif termasuk properti sewaan, saham dividen, dana indeks, menulis buku atau membuat aplikasi, yang semuanya akan membawa aliran pendapatan yang stabil dari penjualan atau royalti.

5. Investasikan

Orang kaya membuat uang mereka bekerja untuk mereka. Mereka tahu berinvestasi adalah kunci untuk menumbuhkan keuangan mereka. Meskipun menabung uang untuk hari hujan adalah penting, investasi Anda akan melakukan pekerjaan berat untuk membantu Anda menjadi kaya.

Menabung berarti meletakkan uang di tempat yang aman sampai Anda ingin mengambilnya, tetapi sebagian besar rekening tabungan tidak menghasilkan bunga yang tinggi, jadi tumpukan uang ini pada dasarnya tetap statis - itu tidak akan tumbuh jauh melebihi apa yang Anda tambahkan. Tetapi investasi yang cerdas akan memberi Anda pengembalian yang sehat, yang kemudian dapat Anda investasikan kembali. Ketika Anda berinvestasi dalam sesuatu, Anda juga menerima sejumlah risiko, sehingga Anda tidak pernah ingin berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan.

6. Ambil risiko yang diperhitungkan

Orang kaya tidak bertaruh pada keputusan keuangan besar; mereka melakukan apa yang mereka bisa untuk mengurangi risiko. Mereka melakukan penelitian dan analisis, dan menentukan opsi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan keuangan dan keinginan bisnis mereka. Mereka mempertimbangkan pro dan kontra, dan kemudian mengambil risiko yang sudah diperhitungkan.

Mereka membuat keputusan keuangan dengan bertanya pada diri sendiri, "Apakah ini akan membawa saya lebih dekat ke tujuan saya?" Mereka menghindari risiko sembrono yang tidak benar-benar akan menguntungkan mereka, dan tidak pernah mengambil sikap yang lebih berani dalam hal uang.

7. Fokus pada peningkatan diri

Orang kaya biasanya pembaca yang rajin, tetapi Anda tidak akan menemukan banyak novel pantai tanpa pikiran di rak buku mereka. Orang kaya memahami pentingnya pendidikan diri dan mendorong diri mereka untuk menjadi lebih baik dalam segala hal. Bahkan, jika Anda melihat buku-buku yang ditumpuk di tempat tidurnya, Anda kebanyakan akan menemukan judul tentang peningkatan diri.

Sementara 85 persen orang kaya membaca dua atau lebih buku pengembangan diri per bulan, hanya 11 persen membaca untuk hiburan, dibandingkan dengan 79 persen orang miskin. Dan 94 persen orang kaya membaca publikasi berita, dibandingkan dengan 11 persen orang tidak kaya.

8. Tidak pernah sepenuhnya pensiun

Orang ultra-kaya tentu memiliki cukup uang untuk tidak pernah bekerja di hari lain dalam hidup mereka, tetapi mayoritas dari mereka tetap bekerja, setidaknya sampai taraf tertentu, sering melewati usia 70 tahun. Itu tidak berarti mereka mencatat hari yang panjang di kantor ; memang, mereka mungkin mengambil bagian yang adil dari liburan dan menikmati jadwal yang fleksibel. Tetapi banyak orang kaya tidak pernah sepenuhnya pensiun. Ini bukan karena mereka tidak mampu, tetapi karena mereka menikmati apa yang mereka lakukan.

Banyak yang berjiwa pengusaha, dan keinginan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis tidak pernah meninggalkan mereka. Stabilitas kerja dan rasa tujuan serta pemenuhan yang diberikannya kepada mereka adalah bagian penting dari kebahagiaan mereka secara keseluruhan. Bekerja memberi mereka perasaan sukses yang berkelanjutan dan tujuan untuk membuat mereka tetap fokus. Belum lagi itu membuat uang terus mengalir!

9. Hindari pengeluaran berlebihan

Sementara orang-orang non-kaya melamun tentang pengeluaran uang tanpa khawatir, membeli mobil mewah, rumah besar dan pakaian mahal, orang kaya mengerti bahwa semakin banyak uang yang Anda habiskan, semakin sedikit yang Anda miliki. Orang kaya tidak akan tetap kaya lama jika mereka menghabiskan terlalu banyak. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda hasilkan, Anda akan selalu menjadi miskin jika Anda menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan.

Orang kaya mengakui semakin sedikit Anda membelanjakan, semakin banyak uang yang Anda miliki untuk menumbuhkan kekayaan Anda. Ingatlah berhemat adalah relatif terhadap penghasilan Anda. Orang kaya mungkin menghabiskan lebih banyak daripada seseorang yang dianggap kelas menengah. Namun secara relatif, orang kaya cenderung hemat, dan mereka memastikan mereka tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

10. Luangkan waktu untuk merenung

Banyak orang kaya buatan sendiri menghabiskan waktu dalam pemikiran terfokus setiap hari. Menghabiskan 30 menit (atau lebih) di ruang yang tenang memberi mereka waktu untuk merenungkan kehidupan dan tujuan mereka, untuk memikirkan kesehatan dan hubungan mereka, mempertimbangkan karier dan tujuan keuangan mereka, dan menganalisis di mana mereka berada saat ini dan di mana mereka ingin menjadi. Waktu berpikir kritis sangat penting untuk tetap unggul di pasar dan mempertimbangkan perubahan apa yang mungkin terjadi pada Anda.

Ini juga saatnya untuk fokus pada peningkatan diri dan bekerja melalui ide-ide. Beberapa mungkin memilih untuk membuat jurnal atau menulis untuk membantu mereka menemukan solusi dan ide kreatif. Pastikan Anda menghabiskan waktu untuk berpikir produktif. Jangan buang energi mental Anda pada perenungan atau putaran pikiran negatif yang akan membuat Anda menebak diri sendiri. Orang kaya tidak.

Sumber : Bisnis.com