Bunda, Begini Tips Menjaga Bayi Agar Tidak Mudah Sakit

bayi tertidur - dailymail.co.uk
07 Juli 2019 05:00 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Kehadiran si buah hati ke dunia ini menjadi kebahagian tak terkira bagi pasangan yang telah menikah. Namun tanggung jawab menjaga jabang bayi bukan perkara mudah karena bayi yang baru lahir sangat rentan terkena sakit karena ketahanan tubuhnya belum sempurna.

Tak heran jika merawat bayi yang baru lahir memerlukan kesabaran dan ketelatenan orang tuanya. Mereka mungkin membutuhkan perhatian terus-menerus dan harus dipantau selama 24 jam, kadang-kadang, bahkan ketika mereka sedang tidur.

Namun Anda para orang tua tak perlu khawatir berlebihan. Instruksi dokter Anda digabungkan dengan naluri keibuan pasti akan membantu Anda terbiasa dengan bayi.

Bayi dilahirkan dengan organ yang berfungsi penuh yang mulai bekerja begitu mereka tiba di dunia ini. Meskipun mereka terlahir dengan kekebalan terhadap penyakit tertentu, sistem kekebalan mereka masih berkembang, yang membuat mereka rentan terhadap penyakit. Lebih buruk lagi, bayi yang baru lahir tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka sakit.

Bayi yang baru lahir tidak diharapkan jatuh sakit setelah lahir karena anti-tubuh yang mereka peroleh dari ibu pada saat kelahiran. Namun, hal-hal mungkin berubah ketika mereka sekitar 1-2 bulan dan saat itulah Anda harus berhati-hati dengan mereka untuk menghindari kontak dengan berbagai mikroba penyebab penyakit.

Karena pengembangan sistem kekebalan tubuh bayi Anda membutuhkan waktu, itu terserah Anda untuk menjaga mereka dari bahaya. Selain mencuci dan membersihkan barang-barang bayi secara teratur, mungkin ada cara lain untuk mencegah bayi jatuh sakit. 

Berikut tips menjaga bayi Anda agar tak mudah jatuh sakit:

-Menyusui Bayi

Terlepas dari faktor-faktor luar, penting untuk melindungi bayi Anda dari dalam juga. Dan cara apa yang lebih baik dari air susu ibu (ASI)? ASI Anda adalah satu-satunya yang dibutuhkan bayi Anda untuk tumbuh sehat dan membangun sistem kekebalan yang kuat untuk dirinya sendiri. Jangan pernah menyangkal bayi Anda dari ASI Anda karena ini adalah hadiah paling penting yang akan Anda berikan kepada mereka, yang akan membentuk kesehatan mereka dalam jangka panjang.

-Jaga Bayi tetap Hangat

Perlu waktu bagi bayi untuk mempelajari cara mengatur suhu tubuh mereka. Sementara itu, Anda harus melakukan pekerjaan itu. Penting untuk menjaga bayi Anda dalam suhu optimal karena mereka bisa jatuh sakit jika mereka terlalu dingin.

Kontak kulit-ke-kulit adalah cara terbaik untuk memastikan mereka hangat dan nyaman. Penting juga untuk menjaga bayi Anda dibungkus dengan benar sehingga mereka merasa berada di dalam rahim ibu, yang membuat mereka bahagia dan pada gilirannya mengkatalisasi perkembangan sistem kekebalan tubuh mereka.

-Cuci tanganmu

Kita bahkan tidak bisa membayangkan jumlah kuman yang dikumpulkan tangan kita setiap hari. Sementara beberapa tidak berbahaya bagi orang dewasa, kebanyakan dari mereka mengancam jiwa bayi. Pastikan untuk mendikte ini kepada siapa pun yang mengunjungi bayi Anda juga. Kesehatan bayi Anda harus menjadi prioritas Anda.

-Sering Cuci

Ini tidak perlu dikatakan lagi. Meskipun, Anda mungkin sering mencuci pakaian bayi Anda, penting juga untuk mencuci pakaian Anda dan semua orang yang sering berhubungan dengan bayi Anda. Untuk mempermudah, Anda dapat memiliki satu set pakaian umum yang Anda kenakan saat bersama bayi. Ini tidak akan memberi tekanan pada beban cucian Anda juga. Mikroba sering menempel pada pakaian. Penting juga untuk merendam pakaian Anda terlebih dahulu dalam cairan sanitasi sebelum melanjutkan dengan pencucian untuk menghilangkan semua sisa kuman.

-Jangan Biarkan Orang Asing Mencium Bayi Anda

Mungkin ada banyak orang asing di rumah sakit yang mungkin ingin memeluk atau mencium bayi Anda. Anda tidak pernah tahu di mana mereka berada atau apa yang mereka bawa. Ada beberapa kasus aneh di Internet tentang bayi yang baru lahir tertular penyakit menular yang mengancam jiwa oleh ciuman orang yang terkena dampak. Jangan biarkan siapa pun, sembarang orang menangani bayi Anda.

-Jangan Lewatkan Vaksinasi

Anda disarankan untuk secara ketat mengikuti jadwal vaksinasi bayi Anda karena itu akan memberikan perisai alami kepada bayi Anda untuk melawan penyakit. Vaksinasi yang tepat dan tepat waktu akan memberikan bayi Anda perlindungan terhadap penyakit seperti batuk rejan dan tetanus. Pastikan untuk mengikuti bagan vaksinasi yang diberikan oleh dokter.