4 Hal Ini Sering Dianggap Mitos, Padahal Fakta!

Ilustrasi bingung (iBelieve)
13 Juli 2019 19:00 WIB Septina Arifiani/Egitya Eryaningwidhi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Banyaknya informasi di Internet membuat orang bingung membedakan antara fakta dan mitos, salah satunya tentang kesehatan.

Jika Anda percaya makan makanan jatuh lima detik masih bersih, itu merupakan anggapan yang salah. Banyaknya bakteri yang akan menempel pada makanan bukan dilihat dari jumlah waktu, namun yang memengaruhi adalah seberapa kotor lantai tempat makanan Anda jatuh.

Dilansir dari List Verse, Jumat (12/7/2019), penelitian telah dilakukan belakangan ini mengenai mitos-mitos kesehatan yang sebenarnya itu adalah fakta. Yuk simak apa saja!

Flu Disebabkan Oleh Suhu Dingin
Sebagian besar orang percaya sebaliknya, mereka beranggapan dingin tidak membuat flu. Hal itu langsung disanggah oleh beberapa peneliti. Sebenarnya flu memang disebabkan oleh virus, virus akan berkembang jika di tempat dengan suhu rendah dan lembab. Menurut penelitian lain, ternyata kekebalan pada rongga hidung juga tidak bekerja maksimal di tempat dengan suhu rendah.

Makan Malam Banyak Buat Anda Gemuk
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, disarankan menjaga pola makan pada malam hari dan tidak makan terlalu larut. Dikutip dari List Verse, Jumat (12/7/2019), ilmu pengetahuan menyebut waktu makan bukanlah pengaruh berat badan Anda naik. Tak hanya makan malam, jika Anda makan pagi atau siang dalam jumlah yang banyak pun akan menambah berat badan.

Makan Pedas Turunkan Berat Badan
Tubuh indah merupakan keinginan semua orang, berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Minum air hangat sebelum tidur, meminum pil pelangsing, diet hingga berhari-hari dilakukan bagi para pelaku diet. Namun, penelitian ilmiah mengatakan makan makanan pedas juga bisa menurunkan berat badan.

Peneliti dari University of Wyoming, melakukan percobaan terhadap tikus dengan memberinya makan dengan zat kimia dalam cabai [capsaicin] guna menambah berat badan tikus. Setelah melakukan itu, mereka mendapat hasil jika zat capsaicin masih di tubuh tikus, tikus tersebut tidak mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini dikarenakan zat capsaicin dapat meningkatkan metabolisme dan memicu thermogenesis [panas dalam tubuh] sehingga dapat membakar lemak.

Wortel Tingkatkan Penglihatan Anda
Sebagian orang masih menganggap wortel baik untuk mata adalah mitos. Faktanya, wortel mengandung banyak zat yang dapat meningkatkan kesehatan mata, salah satunya beta-carotene. Zat ini membantu tubuh untuk membuat Vitamin A yang membantu mata beradaptasi dengan cahaya.