6 Bahan Alami Ampuh Mengatasi Kurap

Ilustrasi gatal terkena kurap (Freepik)
16 Juli 2019 02:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – “Ih, kurapan!” kalimat bernada jijik ini mungkin bakal keluar dari mulut teman saat mengetahui Anda terkena penyakit kulit berupa kurap atau biasa disebut kadas. Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur.

Penderita kurap biasanya bakal merasakan gatal di kulit yang disertai dengan bercak merah dan bersisik. Siapapun bisa terkena penyakit kulit yang menular ini. Apalagi mereka yang sistem imunnya lemah.

Kurap bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Mulai dari kulit kepala hingga kuku. Jamur penyebab kurap bakal tumbuh subur di bagian tubuh yang lembap. Selain salep anti-jamur, ada beberapa bahan alami yang diyakini mampu membantu menyembuhkan kurap.

Mau tahu apa saja bahan alami yang berkhasiat menyembuhkan kurap? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com, dari SehatQ, Senin (15/7/2019), berikut:

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat antiseptik yang bersifat antijamur. Efek dingin dari gel lidah buaya juga mampu meredakan rasa gatal akibat kadas. Oleskan gel lidah buaya sebanyak tiga sampai empat kali di bagian kulit yang terkena kurap.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal punya segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk mengobati kadas. Oleskan minyak kelapa tiga kali sehari ke bagian tubuh yang terkena kadas.

Cuka apel

Cuka apel terbukti membunuh jamur penyebab kurap. Oleskan cuka apel memakai kapas ke bagian kulit yang terkena kulap sebanyak tiga kali sehari.

Kunyit

Kunyit mengandung zat anti-mikroba yang membunuh kuman dan jamur penyebab kurap. Caranya, campurkan parutan kunyit dengan minyak kelapa sebelum dioleskan ke kulit yang terkena kurap.

Tea tree oil

Minyak esensial dari pohon teh ini sering diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa, kemudian oleskan ke kulit yang terinfeksi jamur minimal dua kali sehari.

Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi jamur penyebab kurap. Haluskan bawang putih dan campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan campuran bahan itu ke kulit yang terkena kurap dua kali sehari. Namun, hentikan pemakaian jika kulit teriritasi, seperti kemerahan, bengkak, atau nyeri.