Tips Menata Interior Rumah Sempit Agar Terkesan Luas

Penyekat ruangan dalam bentuk rak multifungsi yang semakin terlihat menarik dan luas. - Home/Desaining
28 Juli 2019 07:00 WIB Putri Salsabila Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA — Penataan ruang di hunian dengan lahan terbatas menjadi tantangan tersendiri bagi si pemilik rumah. Pemilihan interior serta furnitur harus diperhatikan betul supaya ruangan tak terkesan semakin sempit.

Menyulap ruang terbatas menjadi makin luas sangat diperlukan untuk para pemilik rumah compact yang sangat cocok digunakan di daerah perkotaan.

Head of Marketing & Promotion Advance Mellisa memberi beberapa tips dan saran bagi pemilih hunian yang ingin menciptakan ruang sempit menjadi semakin luas.

"Menata interior di ruangan terbatas memang perlu juga dilakukan dengan hati-hati. Kita perlu bijak untuk memilih jenis furnitur yang ingin dipakai. Salah satunya dengan memilih furnitur yang multifungsi," tuturnya melalui siaran pers, Rabu (17/7/2019).

Mellisa menuturkan pemilihan furnitur multifungsi bisa ditemukan di beberapa toko furnitur yang memiliki penawaran desain desain multifungsi seperti sofa yang memiliki teknologi pijat serta sofa yang dapat digunakan untuk kasur multifungsi.

Lebih lanjut, Melisa menuturkan terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendekorasi rumah seperti ukuran furnitur, pemilihan warna, hingga fungsi perabotan.

Dia menjelaskan hunian dengan ruang terbatas tentu akan lebih cocok jika diisi dengan ragam furnitur berukuran kecil hingga sedang. Selain itu, lanjut Mellisa, pilihan warna selaras dan pemilihan furnitur multifungsional dapat membantu menjadikan ruang terbatas menjadi lebih luas. 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna cerah dan netral pada dinding. Warna memiliki peran penting dalam memberi suasana pada sebuah ruangan. Pemilihan warna dinding yang cerah dan netral seperti krem atau putih merupakan cara klasik yang sangat efektif guna membuat ruangan terbatas terkesan lebih luas, segar, dan terang.

Pengaplikasian cat berwarna gelap sebaliknya akan membuat ruangan terlihat kecil karena sifatnya yang menyerap sumber pencahayaan. Selain itu, warna gelap pun akan membuat suasana rumah menjadi tampak suram. 

"Plafon tinggi juga membantu kesan ruang menjadi lebih luas. Hal itu disebabkan oleh ruangan yang terdiri atas dimensi horisontal dan vertikal," kata dia.

Rumah dengan langit-langit yang tinggi memiliki kelebihan tersendiri, karena mempunyai ruang ekstra yang dapat dipakai untuk menarik perhatian ke atas. Namun, apabila pemilik rumah tidak memiliki plafon tinggi, penggunaan jenis tirai panjang hingga menyentuh lantai dapat dijadikan alternatif. 

Teknik ini akan mengalihkan mata untuk melihat ke bagian atas rumah sehingga menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi serta luas. Kombinasi tempat penyimpanan pada furnitur utama rumah menjadi salah satu cara menciptakan luas pada ruang.

Tempat tidur menjadi furnitur wajib dari sebuah hunian karena kehadirannya tidak jarang  mengambil  banyak  ruang. Padahal, ruangan tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain jika tempat tidur tidak menghalangi.

Melisa memberi solusi yang dapat dilakukan pemilik rumah untuk memanfaatkan area bawah tempat tidur sebagai lemari pakaian, tempat penyimpanan barang atau bahkan rak buku.

"Selain membuat ruangan terkesan jauh lebih luas, hal ini akan menciptakan hunian menjadi jauh lebih keren, compact, dan menarik," kata dia. 

Selain itu, pemilik rumah dapat memanfaatkan dinding rumah sebagai rak fungsional sebagai cara lain menambah ruang di dalam rumah.

Rak tersebut dapat dipakai untuk menyimpan alat tulis, buku, pernak-pernik pajangan, maupun beberapa alat elektronik seperti televisi, pengeras suara, dan pemutar DVD. Dengan begitu, pemilik rumah tidak perlu lagi mengambil ruang khusus untuk menyimpan rak.

Sumber : Bisnis.com