Keutamaan Puasa Tarwiyah: Hapus Dosa Setahun

Ilustrasi Puasa (Solopos - Whisnupaksa)
08 Agustus 2019 21:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Ada dua jenis ibadah sunah yang disyariatkan menjelang Hari Raya Iduladha, yakni puasa tarwiyah dan arafah. Puasa tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Zulhijah. Sementara puasa Arafah dilakukan setelahnya, tepatnya tanggal 9 Zulhijah. Keduanya merupakan bagian dari puasa di awal Zulhijah yang berpahala besar.

Kali ini, puasa tarwiyah pada 8 Zulhijah jatuh pada Jumat (9/8/2019). Puasa ini dilakukan seperti ibadah puasa lainnya. Yakni menahan nafsu makan, minum, serta syahwat dari terbitnya fajar sampai azan magrib berkumandang.

Ada berbagai keutamaan yang diperoleh jika seorang muslim menjalankan ibadah puasa tarwiyah. Berdasarkan suatu hadis Nabi Muhammad seperti dilansir situs Nu.or.id, Kamis (8/8/2019), pahala puasa tarwiyah dapat menghapuskan dosa selama satu tahun. Sementara pahala puasa arafah menghapus dosa selama dua tahun.

Puasa tarwiyah dan arafah sangat dianjurkan bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji. Ibadah ini dilakukan guna ikut merasakan nikmat para jemaah yang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, Mekah, Arab Saudi.

Berikut lafal niat puasa tarwiyah:

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.(Saya berniat puasa sunah tarwiyah karena Allah ta’ala)”