5 Khasiat Air Lemon untuk Kecantikan Wajah

Ilustrasi lemon (freepik)
14 Agustus 2019 17:20 WIB Rohmah Ermawati/Egitya Eryaningwidhi Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO -- Buah lemon memiliki banyak kandungan penting, yakni vitamin C, B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, asam folat, asam sitrat, dan masih banyak lagi.

Kandungan pada lemon itu dapat memberikan banyak manfaat tubuh manusia salah satunya di bagian wajah. Lemon memiliki zat antibakteri dan antioksidan yang bisa dijadikan sebagai obat alami untuk sejumlah kondisi kulit wajah.

Simak manfaat lemon untuk wajah sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Health Magazine, Rabu (14/8/2019):

1. Melawan Jerawat
Salah satu zat yang terkadung dalam lemon adalah zat antibakteri yang dapat dijadikan sebagai obat jerawat. Anda cukup mengoleskan air perasan lemon pada bagian yang sedang terinfeksi jerawat pada malam hari, kemudian bilas dengan air hangat di pagi hari.

2. Mengangkat Kulit Mati
Asam sitrat pada air lemon dapat digunakan sebagai penghilang sel-sel kulit mati dari wajah Anda. Sebagai penghilang kulit mati, maka Anda harus mencampur minyak zaitun dan madu ke dalamnya, kemudian oleskan dan pijat melingkar, setelah itu bilas dengan air hangat.

3. Mencegah Kulit Berminyak
Lemon dapat membantu menutup lubang pori-pori yang besar, lubang pori-pori yang mengecil dapat mencegah kulit berminyak. Sebelum mengaplikasikan air lemon ke wajah, Anda harus menggunakan tabir surya terlebih dahulu karena air lemon dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV.

4. Mencerahkan Kulit
Tingginya vitamin C yang dimiliki lemon dapat merangsang produksi kolagen yang dapat membuat kulit lebih kencang dan cerah. Cara penggunaannya sama seperti cara mengobati jerawat dengan lemon, cukup oleskan air lemon pada wajah Anda, kemudian bilas di pagi harinya.

5. Menghilangkan Flek
Flek merupakan bintik-bintik gelap pada kulit. Bintik ini sering muncul berkelompok pada pipi, hidung, lengan dan bahu atas. Lemon mempunyai sifat pemutih alami, ia dapat memudarkan bintik-bintik gelap dalam waktu bertahap. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengoleskan air perasan lemon pada area yang terdapat flek sebelum tidur di malam hari, kemudian bilas wajah Anda ketika bangun pagi.

Selamat mencoba!