Petunjuk Temukan Pekerjaan Sesuai Kepribadian Anda

Ilustrasi bekerja di kantor (Ist)
03 September 2019 17:20 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA -- “Temukan pekerjaan yang Anda sukai, dan Anda tidak akan pernah harus bekerja sehari pun dalam hidup Anda.” Kalimat motivasi itu bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi kita dalam memilih pekerjaan. 

Teorinya sangat mudah untuk mencintai pekerjaan Anda ketika pekerjaan itu sejalan dengan kepribadian Anda. Misalnya, orang yang sangat sosial mungkin menyukai pekerjaan sebagai tenaga penjualan, sementara orang yang pemalu mungkin menemukan pekerjaan itu sulit dan bahkan tidak menyenangkan.

Berikut adalah daftar sembilan jenis kepribadian dan pekerjaan yang paling cocok untuk orang dengan kepribadian masing-masing seperti dikutip dari thabalancecareer.com, baru-baru ini:

-Introvert

Introvert cenderung bekerja paling baik bekerja sendirian atau dalam kelompok kecil. Introvert bisa sangat fokus; mereka sangat memperhatikan detail karena mereka senang berkonsentrasi pada satu tugas pada satu waktu.

Industri ideal: perawatan hewan, pekerjaan museum, teknologi informasi, sains.

Pekerjaan ideal: dokter hewan, arsiparis, manajer media sosial, pemrogram komputer, peneliti, pemegang buku, akuntan, paralegal.

-Extrovert

Ekstrovert senang bekerja dalam kelompok besar dan sering kali lebih suka tugas tim. Mereka biasanya nyaman berbicara di depan umum dan kegiatan kelompok terkemuka. Mereka juga multitasker yang bekerja paling baik saat mengerjakan berbagai tugas.

Industri ideal: sumber daya manusia, hubungan masyarakat, penjualan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Pekerjaan ideal: perwakilan sumber daya manusia, perwakilan hubungan masyarakat, manajer penjualan, agen real estat, ahli terapi fisik, EMT (emergency medical team), ahli kesehatan gigi, aktor.

-Si Pengatur

Penyelenggara sangat berorientasi pada detail dan praktis. Penyelenggara menikmati struktur dan keteraturan konvensional dalam kehidupan sehari-hari; mereka menikmati mengikuti aturan dan prosedur standar.

Penyelenggara menikmati pekerjaan di mana mereka dapat mengumpulkan dan mengelola data. Mereka memiliki keinginan untuk menghilangkan kekacauan, yang memungkinkan mereka menikmati tugas-tugas mulai dari mengatur kantor hingga mengedit artikel.

Industri ideal: penerbitan, administrasi, keuangan.

Pekerjaan ideal: editor, copy editor, manajer kantor, asisten administrasi, akuntan, pegawai gaji.

-Si Seniman

Seniman menikmati menjadi kreatif dan inovatif dalam pekerjaan mereka. Seniman biasanya tidak menikmati pengaturan kerja konvensional, tetapi lebih suka bekerja pada waktu mereka sendiri dengan pengawasan terbatas dan jadwal yang fleksibel. Mereka lebih suka menerapkan ide-ide mereka daripada mengelola atau mengikuti ide-ide orang lain.

Industri ideal: desain, penulisan, pemasaran, hubungan masyarakat, teater, musik.

Pekerjaan ideal: desainer interior, desainer produk, desainer grafis, penulis, eksekutif pemasaran/periklanan, perwakilan hubungan masyarakat, aktor, komposer, musisi, koki.

-Si Peduli

Pengasuh berorientasi layanan dan senang melihat kebutuhan orang lain. Pengasuh adalah "orang orang," yang menikmati bekerja bersama orang lain dan bekerja untuk kesejahteraan orang lain. Mereka sangat bertanggung jawab dan dapat diandalkan serta memiliki keterampilan organisasi yang kuat.

Industri ideal: kedokteran, pendidikan, layanan sosial, administrasi, sumber daya manusia, penjualan.

Pekerjaan ideal: dokter, perawat, ahli gizi, ahli patologi wicara, ahli terapi fisik, pengasuh, guru, pekerja sosial, asisten administrasi, manajer kantor, profesional sumber daya manusia, pekerja ritel, pemimpin spiritual, perencana acara.

-Si Pebisnis

Enterpriser adalah pemimpin yang lahir yang menikmati tanggung jawab membimbing orang lain dan membangun dan mempertahankan tim orang. Pengusaha sering suka melihat proyek dari awal hingga selesai, tetapi mereka juga mengerti bagaimana dan kapan harus mendelegasikan tugas kepada orang lain. Mereka cenderung sangat percaya diri dan ambisius.

Industri ideal: akademisi, bisnis, keuangan, hukum, pemerintah.

Pekerjaan ideal: profesor, pejabat eksekutif perusahaan, pelatih bisnis, bankir hipotek, pengacara, hakim, politisi.

-Si Analis

Analis senang menganalisis teori dan menggunakan keterampilan penalaran logis mereka. Analis sering menikmati bekerja sendirian dan lebih suka bekerja pada masalah yang kompleks sampai akhir. Mereka sering berpegang teguh pada standar tinggi dan dengan demikian sangat berorientasi pada detail.

Industri ideal: ilmu pengetahuan, kedokteran, militer, penegakan hukum / hukum, bisnis, TI, keuangan, akademisi.

Pekerjaan ideal: insinyur, dokter, peneliti, pemimpin militer, pengacara, detektif, hakim, ahli strategi perusahaan, manajer bisnis, pemrogram komputer, akuntan, profesor.

-Si Idealis

Idealis senang bekerja untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mereka bekerja paling baik ketika bekerja menuju tujuan yang tinggi dengan fokus pada kemajuan sosial. Idealis sering menikmati bekerja dalam tim dengan orang lain.

Industri ideal: pekerjaan sosial, sumber daya manusia, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, pemerintah, seni.

Pekerjaan ideal: pekerja sosial, konselor, guru, ahli patologi wicara, praktisi kesehatan holistik, terapis fisik, terapis pijat, politisi, fotografer, perancang, pembuat film, pemimpin/aktivis spiritual.

Sang Realis

Realis senang bekerja dengan fakta dan mencapai hasil nyata. Mereka menikmati melakukan dan menciptakan daripada hanya berpikir dan menganalisis secara ketat. Realis sering menikmati bekerja dengan tangan mereka, menggunakan peralatan seperti alat dan mesin. Menjadi sangat praktis, realis sering pandai tetap tenang dalam situasi sulit.

Industri ideal: olahraga dan kebugaran, perdagangan, manufaktur, konstruksi, transportasi, sains, bisnis, penegakan hukum, pertanian.

Pekerjaan ideal: atlet, pelatih pribadi, tukang kayu, tukang ledeng, mekanik, tukang listrik, pilot, pengemudi, ahli patologi forensik, analis bisnis, polisi, detektif, pemadam kebakaran, EMT, petani.

Sumber : Bisnis.com